Tumpeng Ulang Tahun – Siapa yang tidak gembira di hari ulang tahun? Momen setahun sekali ini selalu ditunggu sebagian besar orang. Karena mengingatkan akan hari kelahiran di muka bumi. Menu tumpeng ulang tahun untuk syukuran kelahiran merupakan informasi yang banyak dicari.

Hari ulang tahun juga patut disyukuri karena kita masih diberi kesempatan menikmati berbagai kebahagiaan hidup. Karena itu tidak heran kalau ada tradisi berbagi dengan kerabat, sahabat, dan sanak saudara di hari itu.

Tapi sejatinya hari ulang tahun tidak hanya dipenuhi kebahagiaan. Di satu sisi jadi momen untuk introspeksi atau bercermin pada diri sendiri mengenai apa yang sudah dilakukan sampai usia tersebut.

Karena hari jadi juga mengingatkan kita bahwa jatah usia di muka bumi semakin berkurang alias kita makin menua. Di usia yang makin bertambah sudah seharusnya semakin bertambah pula hal-hal positif pada diri kita.

Misalnya bertambah baik dalam perilaku sehari-hari, semakin bermanfaat untuk orang lain, dan makin mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mengapa harus tumpeng ulang tahun?

Nah dalam tradisi masyarakat Indonesia, sudah biasa menampilkan tumpeng dalam perayaan ulang tahun. Tumpeng sendiri berupa nasi berwarna kuning atau putih yang dibentuk gunungan atau kerucut.

Dan disekeliling tumpeng dipenuhi dengan lauk pauk, sayur-sayuran, dan sajian lezat khas nusantara lainnya. Di situ ada ayam, telur rebus, ikan teri, kangkung, kacang panjang, tauge, kangkung, urap, dan sajian pelengkap lainnya.

Memang tidak semua orang menjadikan tumpeng ulang tahun sebagai kewajiban. Tapi masih banyak juga yang mempertahankan tradisi ini, terutama di daerah Jawa dan sekitarnya.

Bahkan tumpeng tidak hanya disajikan di hari ulang tahun seseorang. Tapi juga digunakan untuk syukuran hari jadi berdirinya perusahaan, toko, atau kantor. Dan lebih dari itu, tumpeng juga menjadi simbol di perayaan penting lainnya.

Lalu mengapa masyarakat kita masih mempertahankan tradisi tumpeng ulang tahun? Yuk simak beberapa alasan berikut ini.

menu tumpeng ulang tahun 2

1. Penuh makna

Tumpeng sudah jadi tradisi sejak ratusan tahun lalu. Menurut tradisi Jawa, tumpeng singkatan dari yen meTU kudu sing meMPENG atau kalau sudah keluar harus sungguh-sungguh.

Ini berarti kalau seseorang sudah diberi amanah anak, maka dia mesti lebih bertanggung jawab kepada anak dan keluarganya. Dan memberi pesan untuk lebih semangat lagi dalam bekerja dan mencari nafkah.

Jadi dari asal muasalnya saja, tumpeng memang identik dengan kelahiran anak. Adapun gunungan nasi tumpeng bisa berupa nasi kuning atau putih.

Kebanyakan kita lebih suka menggunakan nasi kuning. Hal inipun bukannya tanpa alasan. Warna kuning atau emas menandakan suka cita dan kegembiraan.

Dan ini sesuai dengan momen kelahiran sang buah hati. Siapa sih yang tidak gembira dengan kelahiran anak?

Adapun nasi putih ternyata berhubungan dengan simbol kesucian. Ini mengingatkan kita agar selalu mencari yang halal dan baik dalam mencari penghidupan di dunia.

Karena dengan rizki halal, keluarga kitapun akan dikaruniai hidup yang penuh berkah dan selalu memberi manfaat bagi sesama. Adapun bentuk kerucut nasi tumpeng menandakan hidup penuh kesejahteraan dan kemakmuran.

Itu baru dari nasinya aja. Belum lagi dengan berbagai macam lauk pauknya yang biasanya dibuat tujuh macam.

Pemilihan tujuh (dalam bahasa Jawa pitu) macam lauk pauk untuk mengingatkan agar selalu minta pitulungan (pertolongan) kepada Tuhan.

Dan setiap lauk pauk yang tujuh tadipun memiliki filosofi yang dalam. Misalnya ayam jantan yang selalu ada dalam sajian tumpengan.

Hal ini mengingatkan kita untuk tidak meniru sifat buruk ayam jago. Seperti tinggi hati, sombong, dan tidak setia.

Adapun telur rebus menjadi pengingat bahwa asal muasal manusia itu sama saja. Dan yang membedakan dihadapan Tuhan adalah ketaatan dan amal sholeh selama hidup di dunia.

Begitu juga dengan sayur-sayuran yang masing-masing memberikan pesan kebaikan untuk umat manusia.

Nah ternyata tidak banyak lho yang tahu makna di balik tumpeng. Padahal ada banyak pesan kebaikan yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Ultah terasa lebih spesial

Di jaman serba modern ini orang justru ingin kembali bernostalgia ke masa lalu. Mungkin kita sudah biasa dengan berbagai jenis kue ulang tahun, seperti kue tart, blackforest, brownies, cheese cake, opera cake,red velvet, dll.

Karena terlalu sering dengan kue ulang tahun, terkadang kita jadi merasa biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa.

Nah agar ulang tahun terasa lebih spesial, kita bisa menyajikan nasi tumpeng khas nusantara. Kesan tradisional bisa membuat ulang tahun kamu terasa bermakna dan lebih diingat orang.

Agar kesan modern tetap terjaga, kamu bisa menyajikan nasi tumpeng bersama menu kekinian. Misalnya nasi tumpeng dengan lauk ayam krispi, ikan balado, atau menu lainnya sesuai selera.

Dengan menu menarik, berarti kita sudah mempertahankan tradisi nasi tumpeng tanpa kehilangan nuansa modern.

3. Unik dan kreatif

Bagi yang suka dengan sesuatu yang unik, tentu lebih suka merayakan ulang tahun dengan nasi tumpeng. Dengan bentuk kerucut saja, tumpeng akan memberi kesan tidak biasa bagi tamu undangan.

Terlebih kita bisa request dengan ukuran dan bentuk yang bermacam-macam. Tidak harus kerucut, tumpeng masa kini juga bisa dibentuk kartun, mobil-mobilan, bulat, atau persegi panjang.

Kamu juga bisa membuat variasi dengan menempeli hiasan, seperti foto yang disertai ucapan selamat hari lahir atau nasi tumpeng berwarna pelangi. Berbagai variasi tadi tentu membuat nasi tumpeng jadi makin menarik dilihat.

Belum lagi dengan warna-warni lauk pauk dan sayuran yang menyertainya. Hmmm, makin unik kan?

4. Mempertahankan makanan lokal

Sebagai wujud kebanggaan tradisi nusantara, sudah seharusnya kita mempertahankan tumpeng sebagai menu perayaan ulang tahun.

Karena sekarang ini budaya asing masuk ke tanah air dengan sangat mudah. Termasuk dalam urusan makanan. Padahal di satu sisi negara kita memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa banyak.

Nah dengan menggunakan tumpeng, berarti kita turut serta dalam mempromosikan makanan lokal. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi yang akan mempertahankan kuliner lokal.

Nah bagi yang merayakan ulang tahun dengan nasi tumpeng, jangan malu-malu untuk mengabadikan dan membagi momen bahagia tersebut lewat medsos. Agar makin banyak yang tertarik menggunakan nasi tumpeng dalam momen bahagia.

Terlebih menu yang ada pada nasi tumpeng juga tidak kalah lezat dibanding panganan impor. Dari sisi kesehatan, sayur-sayuran hasil bumi nusantara mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Menu pada nasi tumpeng juga tidak mengandung zat kimia atau bahan pengawet. Sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Secara hargapun, memesan nasi tumpeng juga lebih murah dibanding dibanding kue ulang tahun bergaya barat. Dengan harga terjangkau, kita sudah bisa menikmati rame-rame bersama sahabat dan handai taulan.

5. Disuka semua kalangan

Kalau kamu masih bingung menu apa yang akan disajikan pada pesta ulang tahun, tidak ada salahnya untuk menampilkan nasi tumpeng.

Dengan menu khas nusantara, hampir dipastikan cocok dengan lidah semua orang. Kanapa? Karena memang orang Indonesia sudah terbiasa mengkonsumsi berbagai lauk pauk yang ada pada tumpeng.

Makanya tidak heran kalau nasi tumpeng termasuk makanan yang yang disukai semua kalangan. Baik tua muda, anak-anak dewasa, dan pria wanita.

Macam-macam tumpeng

Macam-macam menu nasi tumpeng ultah

Nah dengan banyaknya kelebihan tadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan nasi tumpeng dalam acara ulang tahunmu.

Seiring perkembangan jaman, sekarang tampilan nasi tumpeng lebih fleksibel. Kamu bisa berkreasi dalam berbagai menu.

Dan untuk hari bahagia, kita semua pasti ingin menyuguhkan yang terbaik. Ingin tahu berbagai menu nasi tumpeng untuk ulang tahun? Yuk ikuti beberapa resep berikut ini.

menu tumpeng ulang tahun 1

1. Tumpeng nasi kuning sederhana

Bahan-bahan:

-1 kg beras pulen
-65 ml santan kara
-2 siung bawang putih
-1 sdm garam
-Daun salam, daun jeruk, kunyit, sereh, lengkuas secukupnya

Cara membuat:

-Cuci beras hingga bersih, lalu rendam selama 20 menit
-Blender bawang putih dan kunyit
-Masak santan dengan 3 gelas air belimbing, bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, lengkuas. Aduk hingga mendidih dan tidak pecah
-Buang air rendaman beras, lalu masukkan santan sambil menyaring beras yang sudah dicuci. Tambahkan 1 sdm garam
-Masak hingga matang atau tanak
-Cetak dan dihias sesuai selera
-Tambahkan lauk pauk lainnya seperti telur dadar, orek tempe, ayam goreng, mie goreng, dll

2. Tumpeng nasi liwet sederhana

Bahan-bahan:

-1 kg beras
-25 buah cabe merah dan rawit, dipotong-potong miring
-15 siung bawang merah yang dipotong-potong
-1/4 ikan teri
-5 sachet penyedap rasa ayam
-5 lembar daun salam, 3 batang sereh, digeprek
-7 sdm minyak sayur mentah

Bahan hiasan:

-4 telur ayam
-1 buat timun
-Selada secukupnya
-daun pisang

Ayam suwir sebagai pelengkap:

-2 ayam bagian dada saja
-3 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk
-10 cabe merah
-1 buah tomat
-1 ikat kemangi
-5 bawang putih
-6 bawang merah

Cara membuat:

-Masukkan air di panci secukupnya. Tambahkan beras, bawang yang sudah dipotong, cabe, daun salam, daun sereh, penyedap rasa, ikan teri, dan minyak sayur. Aduk tiap 5 menit
-Sebagai pelengkap, rebus ayam yang diberi garam. Tunggu 10 menit, angkat dan tiriskan hingga jadi suwiran kecil-kecil. Blander atau ulek bawang merah, bawang putih, cabe, bumbu, dan tomat. Masukkan ayam, daun salam, daun jeruk, dan beri garam, gula, dan kemangi. Aduk hingga rata dan angkat setelah semua tercampur
-Sebagai hiasan, goreng telur dan iris bentuk memanjang. Potong timun, siapkan selada, dan siapkan daun pisang sebagai alas
-Sajikan dan hias sesuai selera

3. Nasi tumpeng mini

Bahan-bahan:

-5 kg beras
-1 Lt santan segar
-4 lembar daun jeruk
-4 lembar daun salam
-1 batang serai
-Air jeruk nipis secukupnya

Bumbu halus:

-3 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-2 ruas kunyit
-1 ruas lengkuas
-3 butir kemiri
-1 sdt ketumbar
-1 sdt merica
-Garam secukupnya
-Kaldu ayam secukupnya

Bahan hiasan:

-Daun selada, timun, wortel, tomat, daun seledri

Cara membuat:

-Panaskan kukusan
-Minyak dipanaskan, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, serai hingga terasa aroma harum
-Rebus santan hingga mendidih, masukkan bumbu halus yang ditumis tadi lalu tambahkan garam dan kaldu ayam sesuai selera. Masukkan juga air perasan jeruk nipis
-Setelah mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci bersih. Aduk hingga beras dan air tercampur rata. Tunggu hingga beras setengah matang atau airnya habis
-Begitu kukusan panas, tuangkan nasi setengah matang tadi lalu kukus sekitar 30 menit dan angkat
-Cetak nasi kuning ke dalam cetakan sambil dipadatkan. Tuang nasi tumpeng yang sudah jadi ke atas wadah. Tambahkan lauk pauk seperti ayam goreng, telur balado, mie goreng, perkedel, orek tempe, sayuran, sambal goreng dan yang lainnya.

Bahan-bahan:

Bahan nasi lemak:

-250 gr beras
-3 bungkus santan instan
-1 ikat serai digeprek
-1 ikat daun pandan
-1 ruas jahe digeprek
-3 lembar daun salam
-3 lembar daun jeruk
-Garam secukupnya
-Air secukupnya

Bahan membuat ayam pop:

-Fillet dada ayam
-Tepung instan
-Air secukupnya
-Garam secukupnya

Bahan membuat telur gulung:

-3 butir telur ayam, pisahkan kuning telur dan bagian putihnya
-Kaldu ayam
-Garam secukupnya
-Susu cair

Bahan mie:

-4 bungkus mie instan

Cara membuat:

Masak nasi lemak:

-Beras direndam 1 jam
-Masukkan semua bahan kecuali beras, masak hingga air mendidih
-Masukkan beras hingga setengah matang. Sesekali diaduk agar tidak gosong
-Taruh beras setengah matang di kukusan, lalu kukus hingga jadi nasi matang

Masak telur gulung:

-Telur yang sudah dipisah bagian putih dan kuningnya diberi garam dan kaldu bubuk
-Tambahkan susu full cream pada kuning telur
-Dadar masing-masing kuning dan putih telur

Masak ayam pop tepung:

-Potong fillet ayam sesuai selera
-Tepung instan dibagi 2. Bagian 1 ditambahkan air sampai encer, bagian 2 tambahkan air biasa saja
-Masukkan ayam ke tepung kering, ke tepung basah, lalu kembalikan lagi ke tepung kering
-Panaskan minyak goreng
-Kalau semua sudah matang, masukkan ke dalam wadah
-Masukkan dan ratakan nasi lemak. Masukkan mie, lalu taruh ayam dan telur diatasnya

Itu tadi beberapa alasan orang menggunakan tumpeng ulang tahun serta beberapa resep nasi tumpeng. Ternyata ada banyak pesan yang terkandung dalam menu nasi tumpeng untuk ulang tahun.

Misalnya tentang kegembiraan, introspeksi, kemauan keras, bersabar, serta bersyukur. Sudah saatnya kita tidak hanya menikmati kelezatan nasi tumpeng, tapi mesti menghayati pesan-pesan tadi.

Nah untuk menyajikan resep di atas, kamu bisa buat sendiri ataupun pesan ke jasa catering. Kalau kamu punya banyak waktu luang, bisa saja bereksperimen membuat nasu tumpeng sendiri.

Tapi agar lebih praktis, akan lebih baik kalau percayakan saja urusan masak memasak ke jasa catering.

Kamu tinggal pesan menu nasi tumpeng yang diinginkan, dan jasa catering akan menyiapkan semuanya. Bahkan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, biasanya jasa catering akan membebaskan ongkos kirim.

Jadi kamu tinggal bersantai atau melakukan pekerjaan lainnya, nasi tumpengpun akan diantar hingga depan pintu. Gimana, udah siap menyajikan nasi tumpeng untuk ultahmu?