Snack  Asin РVirus corona telah membuat kita harus jaga jarak, bahkan diam di rumah. Meski begitu, bukan berarti tidak ada snack di rumah.

Aktivitas yang lebih banyak di rumah justru mengharuskan kita menyimpan cemilan yang siap dimakan kapan saja.

Adanya camilan sangat bermanfaat saat perut ingin diisi tapi tidak ingin makanan berat. Tidak itu saja, ngemil bahkan bisa mengembalikan fokus saat bekerja.

Tapi terlalu banyak ngemil, terutama di malam hari, sering juga dianggap menyebabkan berat badan membengkak.

Terlepas dari semua itu, kalau kita mengkonsumsi cemilan di waktu dan jumlah yang tepat, ternyata memberi manfaat bagi tubuh. Apalagi kalau jenis cemilan yang dikonsumsi termasuk snack sehat.

Manfaat Ngemil Snack

Nah ngemil snack itu manfaatnya apa aja ya? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Mengembalikan konsentrasi

Bekerja atau belajar berjam-jam terkadang bikin jenuh lho. Apalagi di jam-jam ngantuk seperti setelah makan siang. Padahal kita perlu konsentrasi tinggi agar dapat hasil maksimal.

Nah saat itulah waktu yang tepat mengeluarkan cemilan snack. Karena ngemil snack ternyata bisa mengembalikan konsentrasi yang lagi turun. Terlebih kalau cemilan itu memiliki cita rasa nikmat.

2. Mengontrol nafsu makan

Kalau snack yang kita makan terbuat dari bahan bergizi dan kaya serat seperti sayur, buah-buahan, atau kacang-kacangan, sudah pasti akan mengenyangkan perut.

Dengan perut kenyang dalam waktu lama, kitapun tidak terlalu bernafsu untuk makan berat. Kondisi ini secara tidak langsung mampu mengontrol berat badan dan bermanfaat bagi yang sedang menjalani program diet ketat.

Tapi sekali lagi, manfaat ini bisa didapatkan kalau cemilan yang dimakan kaya akan serat.

snack asin

3. Mengaktifkan otak

Ngemil sering diidentikkan dengan aktivitas di waktu senggang. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar lho. Justru ngemil snack saat bekerja atau mengerjakan tugas berpengaruh positip pada kinerja otak.

Karena kandungan protein pada snack cemilan bisa merangsang otak kita jadi lebih aktif. Akibatnya, kita seperti mendapat tenaga tambahan dan bersemangan kembali.

Tapi ingat ya, ini bisa terjadi kalau snack tersebut kaya akan nutrisi dan zat gizi.

4. Memudahkan tidur

Ternyata banyak lho yang tidak bisa tidur dalam keadaan perut kosong. Dan kalau susar tidur, efeknya bisa kemana-mana. Waktu istirahat malam yang lebih pendek membuat aktivitas di pagi hari juga bisa kacau.

Nah untuk membantu perut terisi dan tidur lebih nyenyak, tidak ada salahnya untuk makan camilan snack sehat di malam hari.

Tapi tidak semua snack bisa dikonsumsi di malam hari. Pilihan snack sehat seperti kacang-kacangan atau coklat hitam rendah lemak

5. Meningkatkan produktivitas

Apakah kamu merasa produktivitas menurun, badan lemas, serta terserang kantuk di sekitar jam 1 sampai 3 siang? Kalau iya, berarti kamu mengalami afternoon slump syndrome.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan makan snack. Disarankan untuk mengkonsumsi snack yang mengandung cokelat atau makanan ringan yang bisa memberi tambahan energi pada tubuh.

Sebaliknya, hindari snack yang justru membuat rasa kantuk makin menjadi. Misalnya snack yang mengandung keju atau telur.

6. Perut terisi kembali

Pernahkan kamu mendengar ada suara dari dalam perut? Perut selalu bekerja selama 24 jam. Kalau perut tidak ada isinya, wajar saja kalau mengeluarkan bunyi.

Jadi Itu pertanda perut kamu sendang kosong keroncongan. Padahal perut wajib diisi makanan setiap empat atau lima jam sekali lho.

Nah untuk mengatasi perut keroncongan, kamu bisa isi dengan kudapan berupa snack ringan. Kamu bisa mengkonsumsinya antara makan pagi dan siang atau di sore hari menjelang malam datang.

7. Menambah gizi

Kalau snack yang kita konsumsi kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat, berarti kita telah membantu tubuh kita agar terpenuhi kebutuhan gizinya.

Karena terkadang makanan berat yang dikonsumsi tiap hari belum mampu memenuhi semua kebutuhan gizi. Dengan adanya snack sehat, kita bisa berharap asupan yang masuk ke dalam tubuh semakin lengkap.

Misalnya saja saat kita makan snack asin, maka kandungan kalsium, seng, sodium, dll akan memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita.

Tapi usahakan camilan yang tidak mengandung zat kimia, bahan pengawet, atau bahan-bahan yang bisa berpengaruh buruk pada tubuh. Selain itu, kita juga mesti mengimbangi dengan olahraga yang cukup.

8. Melancarkan metabolisme

Melancarkan metabolisme menjadi manfaat penting lainnya dari makan snack. Karena kebiasaan ini membuat tubuh kita selalu memproses kalori yang ada pada snack menjadi energi.

Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan menjadikan badan kita makin sehat. Dengan catatan, snack yang dimakan merupakan makanan sehat dan dalam jumlah yang wajar.

9. Membangkitakan mood

Apa yang terjadi kalau mood tiba-tiba jadi buruk atau bad mood? Pasti mau ngapa-ngapain jadi malas. Akibatnya, tugas-tugas jadi terbengkelai.

Nah saat bad mood itulah banyak yang memilih makan snack sebagai jalan keluar dari kesuntukan. Dan memang terbukti camilan snack bisa membantu untuk bangkit.

Terlabih kalau snack yang digunakan terasa asin seperti pastel, keripik bawang, kacang asin, marning, stick bawang, dll. Hal ini karena rasa asinnya membuat happy dan semangat lagi untuk beraktivitas.

Manfaat Makan Snack bagi Kesehatan

Nah itu tadi beberapa manfaat makan snack bagi kesehatan dan kelancaran aktivitas kita. Dan ngomongin soal snack tidak ada habisnya.

Karena makanan ringan ini bisa dimakan kapanpun dan dimanapun kita mau. Apalagi kalau snack yang rasanya asin. Tentu saja bisa membuat kita ingin makan terus sampai ketagihan.

Snack rasa asin memang disukai banyak orang. Baik dalam bentuk kemasan maupun makanan tradisional. Bagi yang ingin jajanan murah, bisa mencoba snack tradisional.

Selain harganya murah, snack tradisional juga mampu mengganjal perut yang lapar. Bahkan kita bisa membuat sendiri dengan mudah.

Ingin tahu beberapa jenis snack asin favorit dan cara membuatnya? Yuk simak artikel berikut ini.

1. Risoles ayam telur asin

Risoles menjadi salah satu camilan yang sering disajikan di berbagai acara. Dan makanan tradisional Indonesia ini memiliki banyak varian rasa. Mulai dari yang gurih, manis, hingga asin.

Nah untuk penggemar rasa asin, kamu bisa membuat risoles ayam telur asin. Dengan bahan bergizi, risoles ini tidak hanya nikmat di lidah, tapi juga meyehatkan.

Ternyata membuat risoles juga tidak sulit lho. Yuk temani harimu dengan risoles ayam telur asin.

Bahan-bahan:

-12 lembar kulit risoles siap pakai
-2 sdm tepung terigu
-150 gr tepung panir
-6 sdm air putih
-300 ml minyak
-5 siung bawang putih dicincang sampai halus
-1/2 buah bawang bombay dicincang sampai halus
-1 buah wortel dipotong kecil-kecil
-150 gr daging ayam giling
-5 kuning telur asin
-1 batang daun bawang diiris tipis
-1 sdm margarin
-1 bungkus kaldu ayam

Cara membuat:

-Margarin dipanaskan sampai meleleh. Tambahkan bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis sampai tercium aroma wangi
-Untuk membuat isian risoles, masukkan ayam dan masak hingga warnanya berubah. Tambahkan kuning telur asin, kaldu ayam, dan wortel, lalu masak sampai matang. Tambahkan daun bawang, lalu aduk sampai rata
-Ambil 1 lembar kulit resoles, isi dengan 2 sdm isian, lalu digulung. Ulangi hingga semua kulit risoles habis
-Celupkan risoles ke dalam larutan. Lalu gulingkan ke tepung panir
-Goreng dengan minyak secara bertahap hingga warna berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan

2. Keripik bawang

Dengan rasa asin, gurih dan tekstur renyah, keripik bawang dijamin gak bakal membuatmu kecewa. Selain itu, kerupuk bawang juga lebih higienis. Sehingga aman menjadi camilan sekeluarga.

Untuk membuat sendiri di rumah, kamu bisa gunakan resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

-500 gr tepung terigu
-125 gr tepung kanji
-50 gram margarin
-5 siung bawang merah yang dihaluskan
-3 siung bawang putih yang dihaluskan
– 1 butir telur ayam
-1 sdt garam
-1 sdt kaldu bubuk
-Air secukupnya
-Daun seledri secukupnya

Cara membuat:

-Masukkan bawang putih, bawang merah, garam, dan kaldu bubuk ke dalam telur. Lalu kocok dan sisihkan
-Masukkan tepung kanji, tepung terigu, dan margarin ke dalam wadah, lalu aduk hingga merata
-Tambahkan daun seledri, telur, dan air, lalu uleni hingga tercampur rata dan kalis
-Gilas adonan dengan gilingan atau rolling pin sampai halus dan tipis. Lalu potong tipis-tipis sesuai selera
-Goreng dengan minyak panas hingga warna berubah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan

3. Kacang asin

Kacang asin biasa jadi camilan wajib di hari raya. Rasa yang khas dan kerenyahan kacang membuat snack asin ini selalu dinanti.

Tapi kacang asin juga pas sebagai kudapan menyambut tamu di rumah atau kalau mengerjakan tugas kantor. Rasanya camilan belum lengkap tanpa ditemani kacang asing.

Disamping itu, kita semua juga tahu kalau kacang-kacangan mengandung nutrisi dan serat baik untuk tubuh. Tapi ingat, asal jangan berlebihan ya!

Yuk kita lihat cara membuatnya.

Bahan-bahan:

-Kacang tanah yang sudah dikupas
-1/2 sdt minyak goreng
-5 sdt gula pasir

Bahan bumbu halus kacang:

-Air putih secukupnya
-3 buah cabai merah keriting yang ditumbuk kasar
-2 siung bawang putih yang dihaluskan

Bahan tambahan:

-10 gr daun jeruk. Buang tulangnya dan diiris hingga halus
-50 gr bawang putih. Diiris dan digoreng hingga kering

Cara membuat:

-Rendam kacang tanah dalam air mendidih. Biarkan 1 menit lalu tiriskan
-Panaskan minyak goreng, lalu goreng kacang sampai matang dan kering. Kemudian dinginkan
-Tumis bumbu halus kacang hingga terasa aroma harum. Tambahkan larutan gula pasir, garam, dan air. Lalu aduk hingga berambut
-Tambahkan kacang tanah dan aduk hingga rata. Masukkan daun jeruk dan bawang putih goreng, aduk hingga kering

4. Pastel abon

snack asin pastel abon

Siapa tak tahu dengan camilan renyah dan lezat ini. Jajanan tradisional berbentuk kipas ini biasanya diisi dengan telur, wortel, bihun, atau sayuran lainnya.

Tekstur yang renyah membuat pastel cocok dinikmati kapan saja. Nah ingin tahu cara membuat pastel abon dengan rasa asin? Yuk ikuti langkah-langkah ini.

Bahan-bahan:

-500 gr tepung terigu
-100 gr margarin, lelehkan
-Garam
-Kaldu bubuk
-1 butir telur
-100 mL air es
-Abon sapi atau ayam untuk isian pastel

Cara membuat:

-Campurkan semua bahan kulit abon, kecuali air es. Aduk hingga rata
-Tambahkan air es hingga adonan jadi kalis
-Gilas adonan hingga tipis, lalu dicetak dengan bentuk bundar kecil-kecil
-Isi adonan kulit pastel dengan abon secukupnya. Lalu cetak dengan ukuran sama
-Goreng dengan minyak hingga warna berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan

5. Lumpia

Waktu ngemilmu makin menyenangkan dengan ditemani lumpia jajanan khas Semarang. Lumpia jenis apa aja, akan terasa nikmat di lidah orang Indonesia.

Tentunya makin menyegarkan kalau lumpia diisi dengan bahan-bahan sehat dan rempah asli nusantara.

Selain gurih dan asin, kerenyahannya membuat makanan ini disukai banyak orang. Kamupun bisa membuat lumpia rasa asin ini di rumah. Pengin tahu cara membuatnya? Ikuti beberapa langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

-Kulit lumpia siap pakai
-putih telur
-1 sdt garam
-4 batang daung bawang yang diiris kecil-kecil
-4 siung bawang putih yang dihaluskan
-1 cm jahe yang dicincang halus
-1 batang serai yang diiris tipis-tipis
-1 sdm saus tiram
-1 sdm kecap asin
-1 sdm minyak wijen
-5 biji jamur kuping segar yang diiris memanjang tipis-tipis

Cara membuat:

-Panaskan minyak dan tumis bawang putih
-Masukkan semua bahan (kecuali daun bawang), lalu aduk sampai rata
-Masukkan juga jamur ke dalam tumisan, aduk hingga semua bahan meresap ke jamur
-Masukkan juga daun bawang yang sudah dipotong, lalu tiriskan
-Ambil kulit lumpia, isi dengan adonan tumisan sesuai selera, lalu digulung dan gunakan putih telur untuk merekatkan sisinya.
-Goreng dengan minyak hingga warna berubah kuning keemasan. Angkat dan tiriskan

Nah itu tadi beberapa resep snack rasa asin yang siap menemanimu kapan saja. Gimana, sangat mudah dan mengasyikkan kan?

Itu tadi belum seberapa lho. Masih banyak aneka snack rasa asin yang tak kalah enak. Misalnya stick keju, sus kering, cireng, tahu aci, hingga makanan renyah macam peyek, rengginang, marning, dan yang lainnya.

Sekarang giliran kamu untuk mencoba resep di atas. Happy cooking ya!