Paket Catering Pernikahan – Berbicara mengenai tujuan hidup sepertinya akan jadi topik yang tak ada habisnya. Ada yang berpendapat tujuan hidupnya untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, ada juga untuk senang-senang, untuk membangun karir, membantu orang lain, dan masih banyak lagi.

Tapi selain beberapa hal di atas, ada satu yang tidak boleh dilupakan, yaitu membangun rumah tangga lewat jalur pernikahan.

Mengapa nikah itu diwajibkan?

Setinggi-tingginya pendidikan atau karir yang diimpikan, jangan sekali-kali melupakan nikah. Karena menikah dan membangun rumah tangga jadi salah satu cita-cita yang sangat penting.

Pernikahan tidak bisa dianggap sepele lho. Karena menikah membuat hidup kita tambah tenang. Hidup bersama istri atau suami yang sah tentu beda dengan hidup sendiri.

Sudah naluri manusia yang dipenuhi dengan kecintaan pada lawan jenis. Apabila naluri dan hasrat tadi tak terpenuhi, akan berbahaya bagi kehidupan manusia. Bisa-bisa dia terjerumus pada zina yang menyengsarakan.

Saat ada teman atau saudara menikah, kita pasti sering mendengar ucapan “semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah”.

Dan memang itulah manfaat menikah. Kita akan mendapat sakinah (ketenangan), mawadah (rasa sayang), dan rahmah (banyaknya kebaikan).

Selain itu, menikah menjadi cara manusia memperoleh keturunan. Tidak bisa dipungkiri kalau tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri.

Dia membutuhkan pasangan hidup dan juga anak-anak yang akan menjaganya di hari tua nanti. Dan semua itu hanya bisa didapat dengan menikah.

paket catering pernikahan

Ada cara lain memperoleh keturunan seperti yang terjadi di negara-negara barat, yaitu dengan living together. Tapi kebahagiaan sejati tidak bisa didapatkan dengan cara tersebut.

Lihat saja hubungan tanpa ikatan yang berujung pada seks bebas. Orang bebas berhubungan dengan siapa saja. Dan pada akhirnya hanya menimbulkan berbagai penyakit mengerikan.

Nah untuk kamu yang merencanakan menikah dalam waktu dekat. Pasti hari-harimu bercampur antara bahagia dan pusing.

Bahagia karena sebentar lagi akan menikahi wanita yang dicintai. Pusing karena ternyata ada banyak hal yang mesti dipersiapkan.

Mulai dari tempat resepsi, undangan, baju pengantin dan keluarga, dll. Banyaknya kebutuhan ini membuat kita harus menyiapkan budget yang tak sedikit.

Wajar saja kalau kamu ingin segala sesuatunya maksimal. Karena hari pernikahan akan jadi hari bersejarah dalam hidup.

Cara Menghemat biaya Catering Pernikahan

Nah diantara berbagai kebutuhan pernikahan, salah satu yang akan menguras kantong adalah urusan catering atau konsumsi tamu undangan.

Dan biaya catering bisa membengkak kalau yang tamu yang diundang cukup banyak. Karena itu penting juga untuk menghemat biaya catering.

Kalau kamu bisa mewujudkan catering berbiaya rendah, otomatis akan mengurangi biaya keseluruhan. Nah untuk lebih menghemat paket catering pernikahan, berikut ini beberapa tipsnya.

– Jumlah tamu dikurangi

Yang namanya kebahagiaan sudah seharusnya dibagikan ke semua orang. Tapi kurang bijak juga kalau mengundang orang-orang yang sekedar dikenal sementara budget terbatas.

Karena itu ada baiknya untuk mengundang keluarga, kerabat, dan teman-teman dekat aja. Dengan dihadiri orang-orang terdekat, suasana resepsi jadi lebih eksklusif dan hangat satu dengan lainnya.

Selain itu, tentu saja pengeluaran untuk konsumsi lebih irit. Nah sekarang tinggal di-list saja nama-nama yang “wajib” diundang dan tentukan jumlah porsi konsumsi.

– Jeli memilih menu

Pihak catering biasanya sudah punya paket catering pernikahan dengan berbagai menu. Nah agar berhemat, jangan asal-asalan memilih menu ya.

Misalnya untuk menu buffet, ada baiknya memilih lauk bertulang seperti ikan atau ayam, dibanding daging filet. Selain harga lebih bersahabat, menu bertulang bisa membuat tamu undangan perlu waktu lama untuk menghabiskan.

Adapun untuk menu stall, kamu bisa memilih berbagai menu kudapan hemat biaya. Contohnya bakso, soto, sate, capcay, atau mie goreng.

– Resepsi malam hari

Pilihan waktu resepsi ternyata berpengaruh juga pada estimasi biaya catering lho. Sekarang gini, kalau resepsi diadakan di siang hari, kemungkinan memerlukan porsi lebih banyak. Karena memang orang cenderung ingin makan di siang hari.

Nah untuk menghemat biaya, bisa dilakukan dengan menggelar resepsi di malam hari. Misalnya saja resepsi nikah diadakan di atas jam 7 malam.

Pada jam malam tersebut, biasanya orang akan mengurangi porsi makannya. Apalagi untuk yang sedang menjalankan program diet.

– Teliti menghitung jumlah porsi

Biasanya tamu undangan datang ke resepsi bersama suami atau istrinya. Untuk amannya, rumus jumlah porsi yang harus disiapkan adalah jumlah undangan dikali 2.

Misalnya saja undangan yang terkirim sebanyak 500 orang, berarti kamu mesti menyiapkan konsumsi 1000 porsi. Jumlah segitu udah sangat aman.

Tapi kalau ternyata kamu masih ingin mengurangi budget, bisa kamu kurangi 10%. Karena tidak semua tamu datang dengan pasangannya kan?

– Mengurangi jenis menu makanan

Apa yang paling ditunggu-tunggu tamu saat resepsi? Salah satunya kesempatan makan gratis. Mereka pasti penasaran seperti apa menu yang disajikan.

Nah bagi yang dananya terbatas, wajib jeli juga lho dalam hal variasi menu. Kalau menunya beragam tapi jumlah terbatas, dikhawatirkan ada tamu yang tidak kebagian salah satu menu.

Agar semua tamu bisa mencicipi, ada baiknya membatasi variasi menu. Misalnya empat sampai lima jenis menu, tapi tiap menu tersedia dengan jumlah porsi lebih banyak.

Tips memilih paket catering pernikahan

Setelah tahu cara menghemat biaya catering, sekarang saatnya memilih jasa catering yang pas. Kamu perlu mencari yang sekiranya cocok dan sesuai budget.

Kalau kamu cari informasi catering dari mulut ke mulut atau media lainnya, akan ada banyak informasi yang diterima. Bila perlu, kamu bisa membuat catatan kecil tentang jasa catering tadi.

paket catering pernikahan

Nah untuk menentukan yang terbaik, yuk ikuti beberapa tips memilih paket catering pernikahan berikut ini.

1. Cari informasi beberapa jasa paket catering pernikahan

Untuk memilih catering, mau gak mau kamu mesti memperbanyak informasi mengenai kandidat jasa catering. Dan kamu bisa membandingkan setidaknya dari 3 vendor.

Informasi dan testimoni bisa dari mana saja. Apakah dari kenalan yang pernah menggunakan jasanya atau dari testimoni di medsos.

Atau kalau ada kesempatan, informasi dengan datang ke pameran pernikahan atau wedding exibition.

2. Cek langsung ke lokasi penyedia paket catering pernikahan

Untuk tahu langsung semua hal tentang jasa catering, kamu bisa datangi kantor dan dapur tempat bekerja. Perhatikan cara pegawai bekerja, kebersihan, kerapihan, maupun kesegaran bahan masakannya.

Sebagai calon pengguna, tentu kita merasa nyaman dengan vendor yang bekerja dengan bersih dan menyediakan bahan-bahan berkualitas.

3. Jangan lupakan testfood

Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi makanan alias testfood. Kesempatan testfood akan jadi kesempatan merasakan makanan secara langsung.

Testfood bisa dilakukan saat vendor tersebut ikut pameran pernikahan. Tapi kalau ingin tahu rasa yang sebenarnya, kamu bisa jadwalkan untuk hadir langsung ke acara nikahan yang menggunakan vendor tersebut.

4. Bandingkan harga dan kualitas menu paket catering pernikahan

Kalau kalian sudah melakukan beberapa langkah di atas, yang terakhir adalah membandingkan harga dan menu yang tersedia.

Budget catering akan menghabiskan biaya terbesar, sehingga mesti teliti dalam memilih. Kalau ada beberapa vendor dengan kualitas menu sama tapi harganya beda, tentu orang akan memilih yang lebih murah.

Nah kalau sudah yang vendor yang dirasa cocok, jangan ragu untuk memilihnya. Kalaupun harganya masih kemahalan, kamu bisa kok minta diskon ke pemiliknya langsung.

Biasanya mereka akan terbuka untuk negosiasi harga. Kalaupun harga tidak bisa dikurangi, mungkin vendor bisa menambah porsi makanan.

Gimana, cukup jelas kan? Yuk segera tentukan catering pilihanmu..