Paket Ayam Goreng – Siapa yang gak suka makan ayam goreng? Meski membuatnya sangat mudah, hampir semua orang suka dengan rasa gurih dan tekstur empuknya.

Ayam goreng digemari tua muda, pria wanita segala usia. Bahkan mungkin kamu juga termasuk yang menyukainya.

Rasanya yang nikmat menjadikan ayam goreng cocok dimakan kapan saja. Apakah untuk makan pagi, siang, atau malam.

Bahan yang diperlukan juga ada di sekitar kita. Selain ayam, kamu hanya perlu beberapa rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan bahan bumbu lainnya. Setelah bumbu meresap bersama ayam goreng, bisa dipastikan selera makanmu bangkit kembali.

Meski semua orang bisa membuat ayam goreng, tapi banyak juga warung makan, restoran, hingga hotel berbintang yang menyajikan ayam goreng.

Karena itu tidak salah kalau ayam goreng disebut juga makanan rakyat atau makanan sejuta umat. Karena memang disukai semua kalangan.

Dan meskipun resep utamanya ayam goreng, tapi hasil akhirnya bisa beda-beda lho. Karena untuk urusan masak memasak, orang Indonesia memang terhitung kreatif. Bahkan ayam goreng juga bisa disajikan dalam berbagai jenis.

Varian Menu Paket Ayam Goreng

Nah buat pecinta ayam goreng, yuk simak beberapa varian menu paket ayam goreng berikut ini.

paket ayam goreng

1. Ayam goreng geprek

Ayam geprek atau biasa disebut ayam penyet awalnya ada di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tapi rasanya yang mantab membuat ayam geprek terkenal ke seluruh Indonesia.

Ayam geprek juga sering disajikan sebagai paket ayam goreng, baik untuk menu di restoran ataupun nasi kotak.

Nama ayam geprek sendiri diambil dari proses pembuatannya, yaitu ayam goreng yang dipipihkan atau digeprek di atas sambal.

Kamu bisa mengkombinasikan ayam geprek dengan bermacam-macam sambal. Ada yang menggunakan sambal hijau, sambal rawit merah, serta sambal yang ditopping dengan keju leleh.

Intinya, kamu bisa pilih ramuan sambal mana saja sesuai selera. Tapi yang jelas, rasa pedas jadi ciri khas ayam geprek. Agar makin lengkap, ayam geprek biasa disajikan bersama lalapan seperti selada atau mentimun

2. Ayam goreng kremes

Ingin menikmati ayam goreng yang nggak biasa? Sepertinya kamu musti mencoba ayam goreng kremes. Dari namanya aja udah ketahuan kalau ayam goreng yang satu dicampur dengan taburan kremesan yang bertekstur renyah.

Dengan cita rasa gurih dan wangi, ayam kremes akan jadi favorit untuk menemani nasi hangat. Makin enak lagi saat dipadukan dengan sambal terasi yang sedap dan lalapan timun, tomat, serta selada. Wah pasti cocok jadi menu makan siang niy.

Untuk konsumsi sendiri, sebenarnya kamu bisa membuat ayam goreng kremes dengan mudah. Tapi kalau untuk acara yang mengundang banyak tamu, sebaiknya pesan ke catering favoritmu.

Dengan rasa sangat nikmat, kamu bisa memesan paket ayam goreng kremes untuk berbagai acara. Bisa dipastikan, tamu undangan akan terpuaskan dengan ayam goreng kremes.

3. Ayam goreng krispi

Soal kerenyahan, tidak ada yang meragukan ayam goreng krispi. Nah kalau kamu bosan dengan ayam goreng yang itu-itu aja, mungkin saatnya mencoba ayam goreng krispi.

Ayam goreng jenis ini juga sangat akrab bagi orang Indonesia. Terbukti di setiap tempat ada aja yang berjualan ayam goreng krispi.

Padahal sebenarnya kita bisa membuat sendiri lho. Karena cara mengolah ayam goreng krispi tergolong sangat mudah dan tidak perlu bahan rempah khusus. Kamu hanya perlu bahan utama daging ayam dan telur.

Adapun bumbunya terdiri dari bawang putih, merica, ketumbar, kaldu ayam, dan garam. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, kamu sudah bisa membuat ayam goreng yang tepung krispinya menggugah selera makan.

4. Ayam goreng serundeng

Serundeng yang terbuat dari gorengan parut kelapa dan bumbu rempah ternyata bisa dipadukan dengan ayam goreng. Bahkan tekstur empuk daging ayam dan serundeng yang gurih menghasilkan menu yang nikmat.

Dan meski namanya sama, goreng serundeng memiliki banyak versi dengan rasa bervariasi. Ada ayam serundeng Padang, Bandung, ayam serundeng empuk, ayam serundeng basah, maupun ayam serundeng lengkuas.

Buat yang hobi masak, tidak ada salahnya untuk berkreasi membuat ayam goreng serundeng sendiri. Terlebih ayam goreng jenis ini mudah dibuatnya.

Tapi kalau gak mau ribet, ada banyak rumah makan, restauran, dan jasa catering yang siap menyajikan.

5. Ayam goreng tulang lunak

Sudah ada ide buat acara kantor? Kalau belum, ayam goreng dengan tulang lunak bisa dicoba. Ayam goreng jenis ini cocok buat yang bosan dengan ayam goreng biasa.

Dengan dipadu sambal dan nasi hangat, makan siang di kantor tambah mantab.

Namanya aja ayam goreng tulang lunak, rasa empuknya bakal terasa sampai tulang. Rasanya makin sedap dengan bumbu gurih yang meresap dan taburan kremesan.

Untuk membuat tulang jadi lunak, ternyata perlu teknik memasak khusus lho. Ayam goreng ini juga cocok buat kamu yang sering kesulitan memisahkan bagian daging dan tulang.

Berarti, menu ini memudahkanmu untuk menikmati ayam goreng kan. Penasaran? Coba hubungi resto, rumah makan, atau catering yang ada di sekitarmu.

6. Ayam goreng ketumbar

Ingin membuat ayam goreng tapi tanpa tepung? Ternyata ayam goreng bisa dibuat tanpa tepung lho. Sajian nikmat ini ini biasa disebut ayam goreng ketumbar.

Tak hanya nikmat, ketiadaan tepung membuat proses pembuatan lebih mudah sekaligus menghasilkan makanan lebih sehat. Rasa ayamnya juga terasa lebih gurih dari yang lainnya.

Bumbu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Kamu hanya perlu ketumbar, kunyit, bawang putih, gula pasir, garam, dan kaldu ayam. Kelezatan ayam goreng ketumbar membuat siapa saja bernafsu untuk menyantapnya.

Nah kalau ingin memanjakan tamu, tidak ada salahnya mencoba ayam goreng ketumbar. Dijamin lahap deh. Apalagi kalau ditemani sambal bawang dan lalapan. Gimana? Tertarik mencoba?

7. Ayam goreng bumbu kuning

Ayam goreng bumbu kuning juga tak kalah nikmat dibanding lainnya lho. Apalagi kalau dibuat dengan bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, dan rempah lainnya.

Dan disebut bumbu kuning karena kaya akan bumbu. Dengan bumbu yang bermacam-macam tadi, tidak salah kalau banyak yang bilang kenikmatan ayam goreng ini tiada duanya.

Untuk membuatnya juga sangat mudah. Kamu tinggal ungkep dulu ayam goreng bersama bumbu dan rempah, lalu digoreng sampai kekuningan.

Dalam waktu tak terlalu lama, ayam goreng bumbu kuning siap disantap dan cocok dinikmati kapan saja. Agar makin nikmat, ayam goreng bumbu kuning bisa disajikan dengan lalapan dan sambal tomat atau terasi.

8. Ayam goreng mentega

Bagi yang ingin menghidangkan ayam goreng dengan cara berbeda, mungkin sekali-kali bisa mencoba ayam goreng mentega.

Ayam goreng yang dipadu dengan mentega dan rempah pilihan akan membuat menu makan makin spesial.

Walau begitu, pembuatan ayam goreng mentega cukup mudah. Bahkan pemula sekalipun bisa membuat ayam goreng mentega yang lezat.

Sebelum digoreng bersama mentega, ayam diungkep dulu dengan bumbu yang berasal dari rempah pilihan. Rasa mentega yang manis dan ayam goreng yang gurih sudah pasti akan menggola selera makanmu.

Agar makin segar, kamu bisa melahap ayam goreng mentega yang masih hangat dengan sayur-sayuran dan nasi panas.

9. Ayam goreng paniki

Ayam goreng yang dimasak dengan santan ini terkenal dengan rasa gurihnya. Aromanyapun makin wangi dengan taburan daun pandan dan daun jeruk.

Rasa ayam goreng paniki makin nikmat karena diolah dengan rempah yang menggugah selera seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, dan garam.

Udah gitu, tak perlu banyak waktu untuk membuat ayam goreng khas nusantara ini. Kalau lagi bosan dengan menu makanan di rumah, ayam goreng paniki mungkin bisa jadi alternatif. Jadi, silakan dibuktikan ya!

10. Ayam goreng terasi

Ayam goreng memang banyak variasinya. Dan hampir semuanya disukai orang. Bagi yang berbadan kurus, makan ayam ternyata bisa menggemukkan lho.

Nah ngomong-ngomong soal ayam goreng, pernahkan terpikir untuk membuat ayam goreng terasi?

Dari namanya aja, udah kebayang kan ayam goreng dengan rasa terasi yang segar. Meski dari luarnya tampak biasa-biasa, tapi ayam goreng terasi ini memiliki kenikmatan istimewa lho. Adanya terasi juga membuat ayam goreng ini lebih terasa aroma gurihnya.

Nah itu tadi 10 jenis ayam goreng yang lezat, nikmat, dan pastinya disukai banyak orang. Buat kamu yang ingin mengadakan acara, tidak ada salahnya memesan paket ayam goreng yang disajikan dalam nasi kotak.

Untuk mendapatkan nasi kotak juga sangat mudah. Karena hampir setiap jasa catering menyediakan paket ini. Dan ayam goreng termasuk manu catering terlaris dibanding menu lainnya.

Tips Memilih Jasa Catering Paket Ayam Goreng

paket ayam goreng

Selain itu, harga per box menu ayam goreng sangat terjangkau dan cocok untuk acara apa aja. Meski begitu, kalian tetap mesti teliti memilih jasa catering untuk mendapat menu yang pas di lidah dan di dompet.

Lalu bagaimana memilih jasa catering paket ayam terpercaya? Simak beberapa tips ini.

1. Direkomendasikan banyak orang

Kalau catering penyedia nasi kotak itu terpercaya dan memuaskan, akan ada banyak yang merekomendasikannya. Dan kitapun lebih percaya pada catering mendapat penilaian positif dari orang lain.

Apalagi kalau yang merekomendasikan itu orang yang kita percaya, misal saudara, kerabat, atau teman dekat.

Nah agar tahu catering mana yang recommended, bisa ditanyakan langsung ke saudara atau teman yang pernah memakai jasa catering.

Atau bisa juga dengan mencari tahu di dunia maya. Ketik saja kata kunci yang sesuai, maka segera muncul jasa catering berserta testimoninya.

2. Higienis

Jasa catering yang baik akan memberi yang terbaik untuk konsumennya. Termasuk juga dalam hal kebersihan makanan dan dapur.

Untuk tahu itu semua, sempatkan untuk cek ke dapur jasa catering. Lalu perhatikan apakah mereka menjaga kebersihan dapur, alat masak, serta bahan baku makanan.

Pastikan juga mereka menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Untuk daging ayam segar, warna kulit dan dagingnya putih kemerahan. Selain itu, tekstur dagingnya juga masih kenyal, padat, dan segar.

Berbeda dengan daging ayam busuk yang warnanya sudah menghitam, berair, dan bertekstur lembek.

3. Pelayanan terbaik

Pepatah mengatakan pembeli adalah raja. Sehingga wajar saja kalau sebagai konsumen ingin mendapat pelayanan terbaik.

Tapi kalau belum pernah menggunakan jasa catering, gimana tahu kualitas pelayanannya?

Sebelum memilih catering, usahakan ketemu langsung dan ngobrol dengan pihak catering. Kita bisa tahu pelayanan dari cara mereka melayani serta menjawab berbagai pertanyaan.

Kalau kamu merasa nyaman, besar kemungkinan catering tersebut mampu memberi pelayanan yang memuaskan.

4. Harga bersahabat

Meski menunya sama, tapi harga yang ditawarkan jasa catering bisa berbeda-beda lho. Karena itu kita mesti jeli memilih yang paling pas dengan budget.

Sebenarnya mudah kok, kamu tinggal membandingkan daftar harga yang tertera di website atau medsos jasa catering.

Kalau ternyata masih di luar gudget, kamu bisa minta diskon. Meski harga per box-nya fix, jangan malu tawar menawar harga. Apalagi kamu memesan dalam jumlah banyak, masih sangat mungkin mendapat diskon.

5. Rasa pas di lidah

Sebagai konsumen catering, kita pasti ingin ayam goreng yang pas di lidah. Meski bahan bakunya dari ayam berkualitas, tetap aja kecewa kalau ada yang kurang dari sisi rasa.

Nah agar tahu lezat atau tidaknya, usahakan untuk dapat kesempatan testfood terlebih dulu. Caranya, rajin-rajinlah datang ke pameran yang menampilkan jasa catering.

Atau mencoba menu di acara yang menggunakan jasa catering tersebut. Kalau lidah kamu merasa nyaman, berarti jasa catering tersebut masuk kriteria.

Nah tunggu apalagi? Yuk segera pesan nasi kotak dan pilih ayam goreng sesuai selera!