Nasi Langgi – Bicara tentang kuliner nusantara seakan tiada habisnya. Begitu beragam makanan dari Sabang sampai Merauke yang menggoyang lidah.

Uniknya tiap daerah memiliki kuliner dengan cita rasa khas sesuai selera masyarakat setempat.

Misalnya nasi Padang memiliki rasa pedas sesuai selera masyarakat Sumatera. Sedangkan di Jogja ada nasi gudeg yang rasanya manis.

Lalu apa yang anda pikirkan saat ditanya makanan khas Solo?

Sebagian besar akan menjawab Nasi Liwet. Karena nasi liwet sudah jadi ikon kuliner kota Solo. Padahal ada nasi langgi khas Solo yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Nasi langgi memang kalah pamor dibanding nasi liwet. Bahkan mungkin hanya orang Solo yang mengenalnya. Karena di Solo ada banyak yang menjual nasi langgi di pinggir jalan maupun di pasa-pasar tradisonal.

Meski kurang dikenal masyarakat luas, nasi langgi rasanya enak sekali dan sangat pantas dipromosikan untuk go internasional.

Keistimewaan nasi langgi

Konon nasi langgi sendiri di masa lalu merupakan hidangan spesial keraton. Nasi langgi biasa disajikan untuk menjamu tamu spesial yang berkunjung ke keraton Solo.

Nah seiring berjalannya waktu nasi langgi telah berubah menjadi sajian yang bisa dinikmati semua masyarakat dari berbagai kalangan.

Kalau diperhatikan, sekilas tampilan nasi langgi memang mirip nasi liwet. Bahan utamanya adalah nasi gurih, atau hampir sama dengan nasi uduk Jakarta.

Namun lauk pauk pada nasi langgi jauh lebih komplet. Kalau nasi liwet hanya memakai sayuran dan suwir ayam sebagai lauk.

Sedangkan nasi langgi dilengkapi dengan ayam, serundeng, orek tempe, sambal goreng, dan lalapan kemangi, timun, dan acar.

Atau bisa juga dikombinasi dengan empal daging, ayam goreng, kerang kering balado, atau telur dadar. Intinya, lauk pauk bisa disesuaikan dengan selera dan anggaran.

paket nasi langgi

Nah dibalik kelezatannya, nasi langgi juga menyimpan banyak keistimewaan. Ini dia beberapa diantaranya:

1. Menu keraton

Nasi langgi yang ada sekarang ini dipercaya merupakan modifikasi dari hidangan keraton yang bersisi nasi gurih, abon, kedelai hitam, serundeng, kering tempe, empal, dan lalapan.

Bagi rakyat biasa, menu di atas dirasa masih terlalu mewah. Karena itu abon dan empal dihilangkan untuk mendapatkan nasi langgi murah meriah.

Meski begitu, cita rasa khas keraton tidak pernah hilang. Sehingga seporsi nasi langgi sudah cukup untuk merasakan sensasi makanan ala ningrat.

2. Sajian spesial zaman penjajahan

Menikmati nasi langgi seakan membuat kita kembali ke masa lalu saat Indonesia dijajah Belanda. Apalagi tidak semua orang bisa menikmati nasi langgi di masa itu.
Nasi langgi di masanya merupakan menu primadona yang hanya bisa dinikmati kalangan keraton dan orang-orang kaya. Dan kita pantas bersyukur masih bisa merasakan menu bersejarah di jaman modern ini.

3. Lauk pauk lezat menggoda selera

Rasa nasi langgi yang bikin ngiler ternyata sudah melegenda di Solo dan sekitarnya sejak dulu. Umumnya nasi langgi identik dengan rasa nasinya yang gurih.

Tapi saat ini ada banyak varian bumbu dengan berbagai rasa dan lauk pauk menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

Misalnya saja ada nasi langgi Jogja yang lebih menonjol rasa manis. Atau nasi langgi ala Tegal yang cocok untuk penggemar pedas.

Karena itulah sekarang nasi langgi sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia dengan menu beragam. Nah meski ada banyak varian menu, ciri nasi gurihnya tetap bertahan.

Resep nasi langgi khas Solo

bumbu nasi langgi

Nasi langgi dengan racikan rempah yang pas akan jadi menu menyenangkan untuk anda dan keluarga. Nah proses membuatnya ternyata tidak terlalu sulit.

Bahan dan bumbunya juga bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. Ingin tahu cara membuat nasi langgi? Yuk ikuti resep berikut ini.

Bahan:

-250 gr beras
-400 ml santan dari 1/2 kelapa
-2 cm lengkuas, digeprek
-1 batang serai, digeprek
-2 lembar daun salam
-2 mata asam jawa
-1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:

-3 siung bawang putih
-5 siung bawang merah
-1 sdm garam halus
-1 sdm ketumbar bubuk

Bahan pelengkap:

-5 batang kemangi
-1 buah mentimun, iris
-150 gr kering tempe
-2 butir telur, dadar rawis
-2 sdm bawang merah goreng, untuk ditaburkan

Cara membuat:

-Cuci beras hingga bersih, lalu tiriskan
-Haluskan bahan bumbu: bawang putih, bawang merah, garam halus, dan ketumbar bubuk
-Panaskan minyak goreng, lalu tumis bahan bumbu hingga terasa aroma harum
-Masukkan daun salam, lengkuas, asam jawa. Terus aduk agar tidak gosong
-Tambahkan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah dan bumbu makin tercampur
-Masukkan beras yang sudah dicuci. Lanjutkan pengadukan sampai meresap
-Siapkan dandang, lalu kukus beras sekitar 25 menit dengan api sedang
-Sajikan nasi langgi bersama serundeng, sambal goreng udang, orek tempe, mentimun, dan bahan pelengkap lainnya

Catering nasi langgi

catering nasi langgi

Untuk membuat nasi langgi memang bisa dilakukan siapa saja. Dengan memperhatikan kualitas bahan baku dan kompoisi bumbu yang tepat, andapun bisa mengolah nasi langgi yang cukup lezat.

Tapi ternyata tidak semua orang punya waktu luang untuk mempelajari menu baru dan mempraktekkannya lho. Apalagi untuk warga Jakarta yang sudah disibukkan dengan pekerjaan.

Tugas memasak tambah berat manakala anda memerlukan jumlah porsi banyak untuk acara tertentu seperti arisan, syukuran, meeting di kantor, seminar, dll.

Karena itu tidak ada salahnya untuk memesan pada jasa catering yang memang spesialis dalam menyediakan menu tradisional asli Indonesia.

Pengalaman jasa catering yang sangat panjang membuat mereka mampu memberikan layanan terbaik dengan kualitas rasa terjamin.

Nah untuk memilih jasa catering nasi langgi, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Rasa masakannya lezat

Rempah nusantara sudah terkenal sejak berabad-abad lalu. Karena itu tidak heran kalau masakan Indonesia terkenal enak-enak. Nah rasa ini juga yang jadi salah satu kriteria utama pemilihan jasa catering.

Gimana kita mau memakan menu yang ditawarkan kalau rasa sudah tidak masuk di lidah?

Untuk memastikan rasa, anda bisa meminta melakukan test food terlebih dulu. Kalau jumlah yang bakal dipesan banyak, biasanya jasa catering akan memberikan test food secara gratis.

Cara lainnya dengan menghadiri pameran yang melibatkan perusahaan catering. Nah di ajang itulah anda bisa merasakan menu jasa catering serta tanya-tanya semua hal mengenai menu yang disediakan.

Kalau ternyata anda puas, jangan ragu untuk mencoba pesan nasi langgi.

2. Spesialis dalam menu tradisional

paket nasi langgi

Indonesia termasuk negara dengan kekayaan kuliner sangat banyak. Mulai makanan sederhana hingga mewah, semua ada.

Tiap kota memiliki kuliner khas, sehingga tak terhitung jumlah makanan tradisional asli Indonesia.

Nah karena nasi langgi termasuk makanan tradisional, maka catering yang dipilih seharusnya spesialis dalam menyediakan menu nusantara.

Meski bahan bakunya hampir sama, tentu sentuhan jasa catering spesialis menu tradisional beda dengan catering umum. Terlebih kalau jasa catering tersebut sudah punya pengalaman panjang, sudah pasti punya kualitas lebih.

3. Testimoni bagus dari banyak orang

Salah satu cara terbaik mengenal kualitas jasa catering adalah dengan mendengar apa kata orang. Adanya internet membuat kita bisa tahu testimoni orang tentang jasa catering tersebut.

Tinggal ketik saja nama jasa catering tersebut di Google, maka kita akan mendapat banyak informasi.

Kalau banyak yang menceritakan hal-hal baik, berarti kemungkinan besar jasa catering tersebut memang memuaskan dan punya kualitas.

Tapi kalau informasi dari internet tidak cukup, kita bisa tanya ke tetangga kiri kanan, teman atau saudara yang pernah menggunakan jasanya.

Meski tidak bisa menjamin 100% akurat, informasi dari mulut ke mulut jelas lebih bisa dipercaya dibanding testimoni di media online.

4. Bahan baku berkualitas

Jasa catering yang bagus tidak hanya memperhatikan rasa. Tapi bahan bakunya mesti berkualitas dan memenuhi standar kesehatan.

Mulai dari beras, ayam, daging, ikan, telur, sayuran, hingga bumbu harus dalam keadaan segar serta mengedepankan kualitas.

Makanan yang dipesan akan masuk ke dalam tubuh kita, mau tidak mau kualitas mesti didahulukan ketimbang rasa. Bila perlu, anda bisa cek langsung dan melihat sendiri kualitas bahan bakunya.

Bahan yang masih bagus bisa terlihat dari kesegarannya. Untuk daging ayam terlihat dari warna segar merah muda, teksturnya masih padat, masih mengeluarkan darah saat disayat, serta tidak berbau.

Tapi kalau tidak sempat, anda bisa coba memesan satu porsi terlebih dulu. Kalau makanan tersebut tahan lama dan masih segar, berarti bahan bakunya masih dalam kondisi baik.

5. Teruji di berbagai event

pesan nas langgi

Catering dengan jam terbang tinggi serta pengalaman menyediakan makanan di event besar tentu tidak perlu diragukan kualitasnya.

Jadi sangat disarankan memilih jasa catering yang sudah teruji di berbagai event, terutama kalau menu yang dipesan hendak digunakan di acara besar.

Misalnya resepsi pernikahan, syukuran, atau event lain yang mengundang banyak orang.

Tapi bukan berarti catering baru kurang berkualitas. Bahkan sering ditemui ada catering seumur jagung yang mampu memberikan menu serta layanan lebih baik.

Tapi jam terbang yang tinggi jelas berperan penting. Setidaknya jasa catering tidak canggung lagi kalau ada situasi di luar perkiraan. Sehingga kalau tiba-tiba ada masalah, mereka mampu menyelesaikan dengan segera.

6. Pelayanan memuaskan

Faktor lainnya yang bisa digunakan untuk menilai jasa catering adalah pelayanan yang memuaskan. Sebagai konsumen, anda pasti ingin dilayani sebaik-baiknya bukan?

Setidaknya ada 4 hal penting dalam hal pelayanan. Yaitu keramahan, kenyamanan, kualiats packing, serta ketepatan waktu pengiriman.

Nah untuk mendapat informasi keempat hal tadi, mau tidak mau anda mensti mencoba jasa catering terlebih dulu. Atau bisa juga mengamati revies atau testimoni orang yang pernah memesan.

Tapi sebanarnya kualitas pelayanan bisa terlihat sejak pertama kali berinteraksi. Perhatikan bagaimana respon mereka dalam menjawab pertanyaan.

Kalau anda merasa nyaman dan mendapat kesan baik, kemungkinan besar catering tersebut memang memiliki standar pelayanan yang baik.

Tapi bagaimana kalau dari kesan pertama saja sudah membuat kurang nyaman? Anda pasti bisa menilai sendiri kan?

7. Harga nasi langgi Sesuai dengan budget

Bagi anda yang ingin menyajikan nasi langgi pada suatu event, tentu mesti menghitung anggaran dengan cermat.

Banyaknya tamu undangan otomatis membuat biaya konsumsi naik. Apalagi mengingat biasa konsumsi selalu menyedot anggaran terbesar.

Karena itu pastikan memilih jasa catering yang bisa memberi harga nasi langgi sesuai ketersediaan anggaran.

Nasi langgi termasuk sajian langka dan istimewa, sehingga standar harganya lebih tinggi dibanding menu biasa. Nah cara termudah mendapat info harga nasi langgi di Jakarta dengan searching di internet.

Kalau ada yang pas di kantong, segera hubungi dan cari informasi lebih banyak. Untuk pemesanan jumlah banyak, mungkin saja jasa catering memberi diskon.

Demikian tadi sekilas informasi mengenai nasi langgi dan beberapa tips memilih jasa catering. Tidak banyak jasa catering yang menyajikan menu tradisional Indonesia.

Padahal negara kita punya banyak makanan tradisional yang bisa jadi menu andalan. Ada nasi jamblang Cirebon, nasi pandan wangi Jakarta, nasi undang raos pisan ala Sunda, dll.

Nah selamat menikmati sajian asli nusantara ya!