Menu Resepsi Pernikahan di Rumah – Memilih untuk mengadakan akad dan resepsi pernikahan di rumah merupakan salah satu opsi yang biasanya dipilih beberapa pasangan dan keluarga untuk mengadakan pesta pernikahan secara efektif dan efesien.

Pemilihan ini biasanya dilatarbelakangi banyak hal, bukan cuma karena alasan penghematan semata. Tetapi juga karena faktor faktor utama lainnya: misalnya adalah faktor kedua pasangan ternyata berasal dari satu RT yang sama, dari satu desa yang sama atau terletak di lingkungan kompleks yang berdekatan. Daripada harus jauh jauh menyewa gedung kenapa tidak diadakan di depan rumah saja?

Selain itu, faktor faktor lainnya adalah biasanya karena memiliki fasilitas rumah yang mumpuni untuk mengadakan resepsi, misalnya adanya halaman rumah yang luas, perlengkapan kursi hingga keluarga mempelai adalah pengusaha catering. Kenapa tidak diadakan di rumah saja?

Nah, karena memilih resepsi di rumah maka persiapan pesta pernikahannya tentu saja berbeda dengan persiapan pesta pernikahan yang diadakan di gedung atau menyewa hotel. Apakah karena diadakan di rumah lantas kemudian persiapannya simpel? Ternyata membutuhkan banyak energi juga.

Karena biasanya jika melihat adat istiadat yang diadakan di Indonesia, jika seseorang mengadakan pesta pernikahan di rumahnya maka para tetangga akan membantu proses pernikahan dan proses masak memasaknya (kecuali anda memesan dari catering).

Karena persiapannya yang berbeda, termasuk menyediakan dan juga memilih menu resepsi pernikahan di rumah yang tentu saja berbeda dengan memilih menu resepsi pernikahan di hotel. Maka anda perlu merencanakan setiap detailnya dengan lebih baik. Diskusikan dengan orang tua anda, pasangan anda dan juga mertua anda.

resepsi pernikahan di rumah

Kenapa Memilih Menu Resepsi Pernikahan di Rumah?

Alasan utama memilih resepsi pernikahan di rumah perlu diselaraskan dengan pemilihan menu resepsi pernikahan di rumah anda. Karena jika alasannya karena anda adalah pengusaha catering maka akan lebih gampang bukan?

Lain lagi jika anda memilih resepsi pernikahan di rumah karena mempelai calon anda adalah tetangga satu kompleks. Anda bisa memilih menu resepsi anda dari makanan buatan tetangga dengan memberdayakan mereka.

Lain lagi jika alasan anda memilih resepsi pernikahan di rumah karena untuk menghemat biaya dan juga efisiensi, maka memilih menu resepsi pernikahan di rumah anda akan lebih hemat dan lebih simple.

Nah, berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika akan memilih menu resepsi pernikahan di rumah:

1.Jika anda atau mempelai anda merupakan pengusaha catering, maka alokasikan dana secara profesional. Artinya pesanan yang anda buat dalam memilih menu adalah harga yang profesional. Kenapa begitu? Hal ini agar anda mudah mengitung pengeluaran secara wajar. Selain itu agar bisnis catering yang sedang berjalan juga tidak kolaps.

2.Jika anda adalah aktivis sosial, memberdayakan tetangga anda untuk menyediakan menu resepsi pernikahan di rumah anda adalah pilihan yang menarik. Anda bisa minta satu keluarga untuk membuat satu menu, proyek ini dilakukan secara profesional dengan tanda terima di atas kuitansi atau materai agar mereka bisa memberikan makanan yang terbaik bagi resepsi pernikahan anda.

3.Jika anda memilih alasan penghematan dan mengadakan resepsi pernikahan di depan rumah anda. Maka memilih menu resepsi pernikahan harus disesuaikan dengan karakter dan tipe tamu undangan anda. Misal tamu undangan anda hanya penduduk sekitar, maka buatlah makanan yang tipenya makanan resepsi tradisonal seperti nasi gudeg, soto ayam dll. Ini akan menghemat tetapi juga memantaskan diri.

4.Sementara jika anda turut mengundang teman teman kantor anda, anda bisa memilih menu resepsi berupa makanan makanan yang terbiasa ditemukan di kalangan kantor semisal nasi kuning, soup (zuppa soup), bakso dll.

Alokasi Anggaran Menu Resepsi Pernikahan di Rumah

Memilih menu resepsi pernikahan di rumah ataupun di hotel sekalipun akan berbicara masalah alokasi anggaran yang mesti disiapkan. Kira-kira berapa ya modal yang perlu disiapkan agar menu menu resepsi yang ditampilkan terasa pantas, tidak terlalu murah dan berada di range yang pas.

Salah satu cara mengalokasikan anggaran resepsi pernikahan paling mendasar adalah dengan memulai dari jumlah tamu undangan. Ini adalah cara klasik dalam menghitung rumus sebuah harga untuk menu resepsi pernikahan.

Cara pertama adalah menghitung jumlah undangan yang akan disebar. Jika semisal tetangga kompleks anda ada 50 undangan, teman kantor anda dan mempelai anda dijumlah menjadi 100. kemudian relasi orang tua anda dan calon mertua kira kira 50.
Maka jika ditotal akan menjadi 200 orang, nah cara paling mendasar adalah dengan mengkalika 4, artinya 200 dikalikan 4 menjadi 800 porsi. Wow, kenapa bisa begitu?

Logikanya begini jika anda menyebar satu undangan kepada teman kantor anda bernama si Andre. Maka otomatis Andre akan datang ke pernikahan anda bersama dengan istri dan minimal 2 orang anaknya kan? Maka satu undangan akan membawa kira-kira 4 orang porsi makan.

Ini adalah strategi cara aman paling mendasar, jikalaupun anda ingin mengakalikannya menjadi dua kali atau tiga kali sebenarnya sah-sah saja. Karena ini tergantung dengan penghitungan anda (bisa jadi sebagian besar yang diundang masih berstatus single atau hanya membawa pasangannya saja).

resepsi pernikahan di rumah

Proses selanjutnya memilih harga menu resepsi pernikahan di rumah minimal 3 atau 4 macam saja. Ini juga tergantung apakah resepsi pernikahan anda berbentuk prasmanan atau “piringan” seperti di desa-desa pedesaaan jawa.

Nah, jika berbentuk prasmanan dan menyediakan sekitar 4 porsi makanan dengan rincian: makan berat, minuman aneka warna, soup atau bakso dan kemudian ice cream. Maka masing masing satu porsi makanan harus dihitung dan kemudian dikalikan 800 porsi.

Kira-kira begini cara penghitungan biaya menu resepsi pernikahan di rumah anda:

1.Makan berat yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, kerupuk dll: @Rp.15.000 dikalikan 800 porsi menjadi: 12.000.000
2.Minuman aneka warna seperti fanta, sprite dll satu porsinya @2.000 dikalikan 800 porsi menjadi: 1.600.000
3.Makanan tambahan berupa soup atau bakso dengan tiap porsi menjadi @8.000 dikalikan 800 porsi menjadi: 6.400.000
4.Makanan penutup berupa ice cream satu porsinya @3.000 dikalikan 800 porsi menjadi 2.400.000

Jika ditotal maka akan mendapat angka kasar: 12 juta + 1,6 juta + 6,4 juta + 2,4 juta menjadi= 22,4 juta.

Perhitungan di atas belum termasuk dengan dekorasi pernikahan anda, jasa sewa pramuwisata yang melayani tamu tamu pernikahan anda, penyewaan kursi meja dan penyewaan aksesoris lainnya.

Khusus untuk pemilihan menu resepsi pernikahan di rumah dengan anggaran sekitar 22,4 juta termasuk sudah cukup. Nantinya tergantung anda akan menaikkan jumlah makanan atau menaikkan jumlah porsi dengan penambahan makanan tambahan.

Selain itu, bagi anda yang ingin mengurangi karena budget yang sederhana, tenang saja budget 22 juta masih bisa diturunkan dengan berbagai cara semisal: catering biasanya mampu mencarikan harga ice cream yang biasa (ice cream rumahan bahkan satu cup nya seharga @500), begitu juga harga aneka minuman soda kelas bawah yang bisa jadi lebih murah menjadi tiap porsinya @500 atau @1000. murah kan?