Menu Rantangan – Ingin tahu bagaimana sebenarnya kesehatan badan kita? Lihatlah makanan yang sehari-hari masuk ke dalam tubuh!

Rasanya benar juga kalau ada yang bilang bahwa makanan punya pengaruh besar dalam membentuk tubuh berkualitas.

Kalau makanan yang masuk ke dalam tubuh termasuk makanan sehat, maka badan kita ikut sehat dan selalu tampak bugar.

Tapi sebaliknya, kualitas makanan buruk atau makanan gak sehat akan melemahkan fisik dan lebih berisiko berbagai gangguan kesehatan.

Itulah kenapa para Dokter selalu memberi nasihat untuk makan makanan bergizi yang kandungan nutrisinya baik untuk tubuh.

Karena makanan sehat tadi akan jadi energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Nah untuk mendukung aktivitas, sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai nutrisi. Seperti makanan kaya protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serat, maupun lemak.

Karena setiap nutrisi di atas sangat dibutuhkan tubuh dan berperan besar bagi kesehatan.

Misalnya kalau kita rajin makan sayur dan buah-buahan, kedua makanan super ini ternyata kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan vitamin.

Dengan begitu, kita akan tercegah dari berbagai risiko penyakit seperti jantung, stroke, hipertensi, gangguan pencernaan, dll.

Ditambah dengan gaya hidup sehat, misalnya olahraga rutin, dengan sendirinya akan terwujud tubuh yang sehat, berat badan ideal, dan lebih energik dalam beraktivitas.

Tapi sayangnya untuk seseorang yang tinggal di kota besar dan kesehariannya sibuk dengan pekerjaan, ternyata urusan makan bisa jadi masalah.

catering rantangan

Mereka tidak sempat lagi menyiapkan makanan untuk diri sendiri dan keluarga. Terlebih bagi bujangan yang hidup sendiri atau keluarga kecil yang tidak memiliki pembantu.

Maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan jasa catering harian yang sering disebut dengan istilah catering rantangan.

Jadi rantangan adalah jasa catering yang akan menyediakan makanan sehari-hari. Penggunanya bisa datang dari mana saja.

Misalnya pabrik, kantor, sekolahan, mahasiswa, anak sekolah, anak kos, atau siapapun yang ingin berlangganan suplai makanan setiap hari.

Istilah rantangan diambil dari kata “rantang” yang artinya panci bersusun dari aluminium yang sering digunakan orang jaman dulu sebagai tempat makanan.

Rantang sangat populer di tahun 80-an. Biasanya orang menggunakan rantang untuk menghantarkan makanan ke suaminya yang bekerja di sawah atau bisa juga makanan saat syukuran.

Yang lebih seru lagi, panci susun tersebut biasa diisi dengan nasi dan aneka lauk pauk seperti tahu tempe, ikan asin, sayuran dan makanan tradisional lainnya.

Meski istilah rantangan tetap bertahan hingga sekarang, tapi kalau diperhatikan bentuk rantangannya sedikit beda lho.

Rantangan era 80-an biasanya terdiri dari 3 atau 4 rantang yang disusun bertingkat dengan pengait di sisi kanan kirinya, sehingga bisa dijinjing dengan mudah.

Sedangkan rantangan era milenial lebih simpel. Biasanya jumlah rantangnya terdiri dari 1 tingkat saja. Hanya saja dibuat bersekat-sekat untuk memisahkan nasi, lauk pauk, sayuran, buah, minuman, dll.

Menu Rantangan Andalan dari Jasa Catering

Perubahan jaman memang ikut merubah banyak hal. Dimana orang jaman sekarang cenderung lebih suka yang praktis-praktis. Salah satunya, ya dalam hal bentuk rantang tadi.

Walau begitu, isi menu rantangan sendiri sebenarnya tidak banyak berubah. Masih banyak menu tradisional yang bertahan dan tetap disajikan untuk makan pagi, siang, atau malam.

menu rantangan

Ingin tahu menu rantangan  tradisional yang jadi andalan jasa catering harian? Berikut ini beberapa deretan menu yang akan memanjakan lidah.

1. Sego pecel

Siapa yang tidak suka dengan aroma khas sego pecel? Kuliner nusantara yang satu ini memang terkenal dengan sambal kacang yang dicampur dengan aneka sayuran.

Meski awalnya banyak dikonsumsi masyarakat di daerah Jogja, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sekitarnya, lezatnya pecel saat ini sudah tersebar ke seluruh nusantara.

Bahkan kita bisa mendapati sego pecel di Malaysia, Thailand, Filipina, hingga Suriname. Tapi sudah pasti cita rasanya agak beda dengan pecel Indonesia.

Jangankan pecel yang ada di luar negeri, di negeri kitapun ada banyak versi. Ada pecel Madiun, pecel Sunda, pecel sayur Padang, pecel khas Temanggung, pecel ala Solo, dan masih banyak lagi.

Banyaknya jenis pecel bisa terjadi karena selera lidah serta bahan yang sedikit berbeda.

Tapi pecel dengan berbagai variasinya tadi tetap punya satu ciri khas, yaitu dibuat dari sayuran segar yang menyehatkan. Perbedaan biasanya hanya pada komposisi bumbu.

Dan bicara soal menu sehat, sego pecel jelas bisa dijadikan pilihan. Karena bahan-bahan sayuran bayem, tauge, sawi, buncis, kol, kacang panjang, maupun kangkung akan memberi banyak faedah bagi kesehatan tubuhmu.

Makin mantab karena pecel bisa dikombinasi dengan lauk lainnya macam ayam goreng, telur dadar, telur ceplok, hingga tahu tempe.

Kemeriahan pecelpun bertambah dengan paduan bumbu kacang dan sambal yang punya cita rasa gurih, manis, pedas jadi satu.

Nah sekarang tidak perlu repot untuk menikmati pecel dengan nasi hangatnya. Kalian tinggal pesan ke jasa catering dan sego pecel segera tersaji dalam bentuk rantangan.

2. Nasi opor

Kekayaan rempah nusantara membuat para leluhur kita mampu mengolah makanan bercita rasa lezat. Salah satu warisan kuliner nusantara itu adalah nasi opor.

Konon nasi opor di masa lalu merupakan sajian eksklusif yang hanya bisa dikonsumsi keluarga kerajaan alias kaum ningrat. Seiring berjalan waktu, kini siapa saja bisa menikmati opor.

Bahkan opor ayam sudah jadi menu wajib saat lebaran. Rasa opor yang gurih terasa makin istimewa karena dibuat dengan bumbu asli Indonesia yang beragam.

Selain itu, opor ayam tidak terasa berat di perut dan cara membuatnyapun termasuk cukup mudah. Jadi cocok untuk sarapan pagi, siang, atau malam.

Bahan-bahan pembuat opor seperti daging ayam, santan kelapa, bawang merah, bawang putih, lada, kemiri, daun salam, maupun daun serai ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan.

Bahkan di website Kementerian Kesehatan disebutkan bahwa opor ayam mampu meningkatkan kecerdasan, menguatkan tulang, meningkatkan sistem imun, serta melindungi dari Anemia atau kekurangan sel darah merah.

Meski opor ayam memiliki rasa dan khasiat spesial, ternyata bisa dinikmati dengan harga 30-an ribu. Dengan harga cuku murah tersebut, kamu sudah bisa menikmati menu yang menggugah selera.

3. Ayam bakar bumbu Bali

Bagi penduduk kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, pasti tidak asing lagi dengan ayam bakar.

Ada banyak jenis ayam bakar, diantaranya ayam bakar Taliwang dari Lombok, ayam bakar ala Padang, ayam Bakakak dari Sunda, serta ayam bakar bumbu Bali.

Nama terakhir tadi terasa spesial karena menjadi menu istimewa di masa lalu. Rasanya ayam bakar bumbu bali makin nikmat karena dibuat dari kumpulan rempah nusantara yang super lezat.

Seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, terasi, kemiri, kencur, serai, daun jeruk, jeruk nipis, asam jawa, cabai merah, dan bahan pelengkap lainnya.

Saat rempah tadi meresap ke daging ayam bakar yang empuk, sudah pasti rasa gurih pedasnya membuat kita susah berhenti makan dan ingin terus nambah nasi.

Dan kalau sudah disajikan dengan nasi hangat, menu yang satu ini rasanya pas kapan saja.

Tapi karena ada banyak bumbu, sekilas cara membuat ayam bakar bumbu bali ternyata sedikit ribet lho. Tapi lain cerita pesan ke jasa catering. Kamu tinggal pesan dan menu lezat ini segera ada di meja makan. Mudah kan?

4.Nasi liwet

Satu lagi masakan tradisional yang tersedia di jasa catering dan disukai kamu urban yang hidup di kota besar seperti Jakarta. Ya, nasi liwet namanya.

Liwet sendiri dalam bahasa Jawa berarti menanak. Nah ternyata nasi liwet ini sudah ada sejak jaman kakek nenek kita lho.

Orang jaman dulu biasa membuat nasi liwet lengkap dengan ikan, tahu tempe, ayam sebagai bekal makan di sawah. Selain itu, masyarakat Jawa biasa menghidangkan nasi liwet pada acara tradisi.

Di halaman Wikipedia sendiri tertulis bahwa nasi liwet merupakan kuliner khas Solo yang berasal dari daerah Baki, Sukoharjo.

Di daerah asalnya nasi liwet biasa dijajakan ibu-ibu dengan cara digendong dan pembeli bisa menikmati sambil duduk lesehan berjejer. Tapi kelezatan nasi liwet telah membuatnya terkenal serta bisa didapatkan dimana-mana.

Nasi liwet khas Solo identik dengan rasa gurih yang berasal dari campuran santan kelapa dan beras yang dimasak bersama-sama.

Sedangkan aroma harumnya datang dari berbagai rempah yang mengiringi seperti daun pandan, daun serai, maupun daun salam. Agar makin nikmat, nasi liwet bisa disajikan bersama lauk pauk pilihan serta lalapan mentah.

Biasanya jasa catering sudah punya paket nasi liwet dengan lauk tertentu. Tapi bisa juga kita memilih nasi liwet dengan menu sesuai selera lidah.

5. Nasi empal

Hidangan dengan bahan dasar daging memang selalu menggoda untuk dicicipi. Indonesia sendiri termasuk negara dengan variasi makanan daging sangat banyak.

Selain rendang, nasi empal menjadi makanan nusantara yang memiliki penggemar cukup banyak. Dan bagi penyuka daging sapi, nasi empal merupakan menu yang wajib dicoba untuk menemani makan siang.

Citarasa bumbu gurih yang berpadu dengan manis dan asam terasa makin pas manakala disandingkan dengan daging sapi empuk khas empal.

Nasi empal sendiri memang tidak bisa lepas dari daging sapi bertekstur empuk. Lalu bagaimana cara membuat daging sapi jadi empuk?

Tekstur empuk ternyata diawali dari memilih daging sapi bagian paha atas, has dalam, atau has luar. Bagian tersebut kaya akan daging dan sedikit lemak. Lalu daging tadi direbus bersama bumbu sedap dan dipukul-pukul sampai terasa empuk.

Untuk menambah kelezatan, daging empal yang sudah digoreng biasa disajkan dengan nasi hangat, taburan bawang goreng, lalapan tomat, sayur, dan sambal pedas.

6. Soto daging

Ada yang menyebut soto dengan nama sroto, coto, tauto, atau sauto. Kekayaan kuliner nusantara juga membuat ada banyak versi soto.

Diantaranya soto Kudus, Lamongan, coto Makassar, Betawi, Padang, Banjar, Madura, Bandung, dan masih banyak lagi.

Tapi perbedaan nama tidak merubah arti. Karena pada hakekatnya soto merupakan masakan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan aneka sayuran.

Nah rasa daging sapi yang nikmat membuat soto daging menjadi sajian yang tepat untuk menu nasi rantangan. Meski harga daging sapi lebih mahal dibanding ayam, soto daging tetap disuka dan dicari banyak orang.

Dengan bumbu beraneka ragam, soto daging tidak hanya nikmat di lidah. Tapi sangat terasa juga kesegaran kuahnya. Apalagi kalau disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan segar.

Nah kangen dengan kesegaran soto daging? Tidak ada salahnya coba memasak sendiri dengan bumbu pilihan.

Tapi kalau tidak sempat, bisa menggunakan jasa catering rantangan dengan sistem langganan ataupun non langganan. Jasa catering akan mengirimkan soto daging kapan saja sesuai kebutuhan.

7. Ayam bacem

Makanan baceman merupakan sajian bercita rasa manis yang berasal dari daerah sekitar Jogja dan Jawa Tengah. Tapi kenikmatan baceman menjadikannya sebagai makanan favorit masyarakat Indonesia.

Untuk membuat baceman, caranya dengan merebus bahan utama dan bumbu hingga mendidih, lalu digoreng sampai warna berubah jadi kecoklatan.

Kalau biasanya yang dibacem adalah tempe dan tahu, ternyata daging ayam juga bisa diolah menjadi ayam bacem.

Kunci kenikmatan ayam bacem adalah bumbu lezat yang meresap ke seluruh bagian daging ayam.

Bumbu ayam bacem sendiri biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam dapur yang diulek bersama-sama. Bisa juga dengan membuat variasi bumbu sesuai selera.

Ayam bacem makin nikmat lagi saat disajikan dengan nasi hangat, sambal pedas, serta lalapan atau tumis sayuran.

Nah itu dia 7 menu menu pilihan yang cocok untuk menu harian rantangan. Dengan menu bervariasi, pastinya membuat makin lahap dalam menyantap makanan. So, sudah punya menu favorit?