Menu Prasmanan Sederhana – Siapa yang tak senang manakala ada anggota keluarga yang hendak menikah. Pernikahan pasti akan jadi momen bersejarah untuk kedua calon mempelai dan keluarganya.

Mereka tentu saja ingin segala sesuatunya berlangsung spesial. Karena itu tak heran kalau persiapan mengenai tempat atau venue, tanggal, dekorasi, pakaian, serta konsep acara dipikirkan dari jauh-jauh hari.

Begitu juga dengan menu yang akan dihidangkan untuk kerabat, sahabat, serta relasi yang diundang. Mereka sudah meluangkan waktu hadir ke resepsi kita, sewajarnya kalau disambut dengan sambutan terbaik. Salah satu caranya dengan menyuguhkan sajian terbaik yang kita mampu.

Saat ini penyajian konsumsi untuk pesta pernikahan lebih banyak menggunakan cara prasmanan. Yaitu makanan diletakkan di atas meja panjang dan tamu bebas memilih menu yang disukainya. Kalau istilah kerennya disebut juga sebagai standing party.

Cara ini lebih praktis. Disamping bebas memilih makanan, tamu juga lebih bebas untuk ngumpul atau ngobrol dengan tamu lainnya sambil tetap menikmati menu makanan.

Pelayan juga tidak direpotkan untuk mengambil menu, karena tamu akan mengambil sendiri menu yang disukai.

Menu yang disajikan pada prasmanan umumnya berupa menu rumahan, tapi dengan rasa dan tampilan lebih spesial.

Dalam satu deretan meja tersedia menu lengkap yang terdiri dari makanan pembuka, nasi, sayur-sayuran, lauk pauk, minuman, serta hidangan pencuci mulut.

Nah untuk menu prasmanan pernikahan atau acara lainnya, kamu tidak perlu bingung untuk mempersiapkannya. Karena tinggal memilih vendor catering dan request menu yang ingin disajikan.

menu prasmanan sederhana

Biasanya vendor catering sudah memiliki paket yang ditawarkan. Tapi kamu juga bisa menentukan sendiri menu yang sesuai dengan selera dan budget.

Ide Menu Prasmanan Sederhana

Nah kalau kamu sedang mencari ide menu prasmanan sederhana tapi tetap lezat dan bergizi tinggi, yuk simak ulasan beberapa menu berikut ini.

1. Aneka sup

Acara pernikahan tak akan lengkap tanpa hadirnya sup. Biasanya pada tamu undangan menjadikan sup sebagai hidangan pembuka.

Selain ringan di perut, bahan rempah pada hidangan sup selalu menghadirkan kelezatan tiada tara. Sup juga diyakini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Misalnya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menambah kekuatan, kebugaran, dan aroma hangatnya yang bisa mengobati hidung mampet.

Sebagai tuan rumah, kalian bisa memilih jenis sup yang mau dihidangkan. Misalnya sup ayam, sup daging, sup buntut, sup aneka sayur, sup kimlo, sup krim, dan masih banyak lagi.

Apapun jenis supnya, hampir dipastikan segera habis dalam waktu tidak terlalu lama.

2. Aneka bakso

Kuliner berikutnya yang sering ditampilkan di acara resepsi pernikahan adalah bakso. Reputasi bakso sudah mendunia. Bahkan mantan Presiden AS Barrack Obama saja memasukkan bakso sebagai sajian di gedung putih.

Kenikmatan bakso tidak bisa dilepaskan dari daging bulat dan rasa gurih kuahnya. Makin spesial lagi karena biasanya vendor catering pernikahan memiliki bumbu rahasia yang akan menambah cita rasa.

Kamu bisa memilih bakso dengan berbagai jenisnya. Mulai dari bakso daging sapi, bakso keju, bakso ayam, bakso tahu, bakso ikan, bakso telur, bakso tenis dll.

Belum lagi beberapa daerah yang memiliki jenis bakso dengan ciri khas masing-masing. Nah makin nikmat lagi kalau dicampur dengan kecap dan sambal. Siapa yang tak tergoda dengan menu ini?

3. Menu olahan ayam

Daging ayam merupakan makanan yang digemari banyak orang Indonesia. Makanya jangan heran kalau menu olahan ayam juga ada di mana-mana. Mulai di warung, restoran, hotel, hingga sajian resepsi pernikahan.

Daging ayam juga bisa disajikan dalam berbagai masakan. Salah satu yang umum adalah ayam goreng atau ayam bakar.

Agar lebih nikmat, kita bisa menyajikan ayam goreng atau bakar dalam berbagai variasi, misalnya ayam crispy, kremes, serundeng, ayam goreng bawang putih, dll.

Dan untuk menghemat biaya, kamu juga bisa minta ke vendor catering untuk memotong daging ayam jadi bagian-bagian kecil. Selain ngirit, cara ini juga membuat tamu undangan makin penasaran untuk menikmatinya.

Nah kalau kamu ingin menu selain goreng-gorengan atau bakar-bakaran, bisa juga diolah dalam bentuk lain. Contohnya opor, ayam teriyaki, gulai ayam, atau ayam cincang.

4. Aneka olahan ikan

Tingkat konsumsi ikan orang Indonesia termasuk sangat rendah. Padahal laut dan sungai di Indonesia menyediakan ikan yang jumlahnya melimpah.

Selain itu, kandungan protein, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi membuat menu olahan ikan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Nah dengan rasa yang nikmat, tidak salah menghadirkan ikan sebagai menu pernikahanmu. Untuk jenis ikannya sendiri bisa dipilih apakah ikan gurami, kakap, mujair, nila, atau lele.

Dengan pertimbangan nilai gizi dan harga, kamu bisa memilih ikan sebagai alternatif selain daging sapi. So, jangan ragu untuk menyajikan menu ikan ya!

5. Soto

Selain bakso, hidangan berkuah lain yang bisa disajikan di acara resepsi adalah soto. Dan soto manjadi salah satu menu yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia.

Buktinya tiap daerah memiliki versi sotonya masing-masing. Ada soto Betawi, Makassar, Solo, Padang, Kudus, Pekalongan, Bandung, Madura, dll.

Tapi secara umum, soto terdiri dari berbagai sayur-sayuran dan kuah. Tinggal dipilih dagingnya, apakah mau daging sapi, ayam, kambing, atau soto babat. Tinggal disesuaikan dengan budget yang ada.

Dikombinasikan dengan krupuk, kecap, dan sambal, kelezatan soto bisa dipastikan membuat para tamu ingin segera mencicipinya.

6. Siomay

Selain makanan berkuah dan goreng-gorengan, siomay juga jadi menu favorit acara pernikahan lho. Bahkan tak jarang banyaknya penggemar membuat mereka harus antri untuk mencicipinya.

Tak hanya lezat di lidah, siomay dijamin menyehatkan. Lihat saja bahan pembuatnya yang berasal dari bahan penuh nutrisi. Untuk yang ingin hidup sehat, tentu saja mesti mencoba siomay.

Seperti ikan, telur ayam, kentang, kubis, kol, pare, hingga tahu. Kelezatannya makin terasa saat berbagai bahan tadi dicampur dengan gurihnya kuah kacang.

7. Pecel

Selama ini kita mengenal pecel sebagai makanan khas Jawa Timur. Tapi kepopuleran pecel membuatnya ada di mana-mana.

Karena memang aroma wangi yang digabung dengan rasa pedas dan gurih bumbu kacang telah membuat banyak orang jatuh cinta.

Pecel main mantab karena terbuat dari berbagai sayuran yang masih segar. Agar makin terasa pas di lidah, kamu bisa menambahkan lauk lain seperti telur, tahu tempe, dan peyek.

Sudah nikmat, lauk dan sayur tadi gergizi tinggi lho.

8. Nasi sayur

Apa siy yang dicari orang di pesta pernikahan? Selain memenuhi undangan, tidak bisa dipungkiri ternyata banyak juga yang ingin menikmati menu yang disajikan , lalu kenyang.

Kalau tamu undangan pulang dengan perut kenyang, itu tandanya resepsi pernikahan berlangsung sukses. Tapi kalau ada yang bilang makanannya “kurang nendang”, wah alamat jadi pergunjingan orang niy.

Nah untuk memuaskan tamu undangan, jangan lupa menyajikan nasi dengan sayur dan lauk pauknya. Bagi yang ingin menikmati hidangan berat, nasi sayur akan jadi target utama.

Untuk menunya bisa menyesuaikan dengan menu lokal daerah setempat. Misalnya nasi gudeg Jogja, nasi jamblang Cirebon, nasi Padang, maupun capcay.

Dan agar lebih mantab, bisa ditambahkan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, kikil, telur dadar, ikan, sambal, dll.

9. Jajanan pasar

Siapa yang gak tertarik dengan klepon, serabi, gethuk, atau onde-onde? Kebanyakan orang Indonesia suka jajanan pasar yang sudah berusia ratusan tahun itu.

Nah selain menu makanan berat, rasa khas jajanan pasar akan melengkapi menu prasmanan di pernikahanmu. Selain enak, harga jajanan pasar juga terjangkau semua kalangan.

Jadi, jangan biarkan acara nikahanmu tanpa jajanan pasar ya!

menu prasmanan sederhana

10. Buah-buahan

Untuk menu pencuci mulut, buah-buahan segar selalu dicari para tamu. Tidak perlu buah-buahan berharga mahal, biasanya tamu cukup puas dengan semangka, pepaya, jeruk, melon, strawbeery, atau nanas.

Usahakan untuk menyajikan buah yang berwarna-warni. Karena tiap warna buah menunjukkan kandungan nutrisi dan khasiat berbeda-beda. Warna-warni buah pastinya juga lebih menarik tamu undangan untuk mencoba.

11. Es krim

Adanya es krim bisa menyegarkan suasana. Terlebih kalau resepsi diadakan di siang hari yang terik. Untuk anak-anak, menu yang satu ini akan memanjakan mereka.

Selain es krim, kamu bisa menyajikan menu serupa. Misalnya es buah, es dawet, es cendol, es puding, atau minuman segar lainnya.

Nah itu tadi 11 menu sederhana yang bisa disajikan pada resepsi pernikahanmu. Walau sederhana, hidangan lokal tadi lebih cocok dengan selera orang Indonesia. Jadi, menu mana yang hendak dipilih?