Menu Catering Pernikahan – Berbicara mengenai pernikahan seakan tak ada habisnya. Terlebih bagi yang ingin segera membangun kehidupan berumah tangga.

Karena menikah itu bukan sekedar menyatukan dua manusia, tapi lebih jauh dari itu. Bahkan ada yang bilang kalau menikah itu sumber kehidupan.

Dengan menikah, yang tadinya hanya dua orang laki dan perempuan bisa menghasilan keturunan sampai beranak pinak.

Memang di masa kini ada saja yang tidak perlu menikah dan tetap punya anak, seperti yang terjadi di dunia barat. Tapi masalah yang ditimbulkan juga sangat besar.

Misalnya kehidupan tak teratur yang mengakibatkan berbagai penyakit mengerikan. Atau anak-anak yang tidak tahu siapa bapak ibunya yang sebenarnya.

Singkat kata, dengan menikah kebahagiaan dunia yang hakiki lebih mungkin diwujudkan. Tentu saja dalam perjalanan pernikahan tidak selalu mulus.

Ibarat kapal yang berlayar di lautan, akan ada badai, ombak, dan permasalahan yang menghantam. Tapi dengan kesabaran, masalah rumah tangga justru mendewasakan pasangan suami istri.

Nah bagi yang segera menyambut pernikahan, sudah pasti ingin menjadikan hari bersejarah tersebut sebagai momen berkesan untuk semuanya.

Berbagai persiapan dilakukan agar segalanya terlihat sempurna. Mulai dari dekorasi, tempat pernikahan atau venue, souvenir, susunan acara, hingga menu yang disajikan kepada para tamu.

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa menu makananlah yang paling ditunggu-tunggu tamu undangan. Pemilihan hidangan yang tepat dan lezat akan memuaskan tamu yang hadir.

Sebagai tuan rumah, kedua mempelai pastinya juga ingin menghidangkan yang terbaik. Terlebih kepada para tamu yang sudah meluangkan waktunya untuk menyaksikan hari bahagia ini.

Karena itu tak ada salahnya untuk memberi perhatian lebih pada menu catering pernikahan. Apakah pesta pernikahan berkonsep tradisional, internasional, atau oriental, yang paling penting menu tersebut harus sesuai dengan lidah orang Indonesia.

16 Rekomendasi Menu Catering Pernikahan

Nah daripada bingung, yuk simak beberapa menu catering pernikahan yang recommended berikut ini.

1. Soto

menu catering pernikahan

Siapa yang gak suka makan soto? Hampir semua orang Indonesia suka dengan makanan yang dicirikan dengan kuahnya yang lezat ini.

Terbukti dari sekian banyak menu pesta pernikahan, soto menjadi salah satu yang paling sering disajikan. Karena hampir di setiap kota mengenal soto dengan ciri khas yang berbeda-beda.

Bahkan ada 70 macam soto yang tersebar di seluruh Indonesia. Hebatnya, berbagai jenis soto tersebut memiliki cita rasa lezat yang membuat orang susah move on darinya.

Karena itu jangan heran kalau kamu mesti memasukkan soto ke dalam menu pesta pernikahanmu. Rasa segar kuahnya pasti menggugah selera para tamu untuk mencicipinya.

Untuk jenis dagingnya sendiri, kamu bisa memilih antara daging sapi atau ayam. Tinggal disesuaikan aja dengan budget konsumsi. Sudah tahu kan mana yang lebih mahal dan mana yang lebih ekonomis.

2. Bakso

Bakso mungkin termasuk makanan paling populer di Indonesia. Mau muda ataupun tua, rasanya tidak akan bosan menyantap semangkuk bakso.

Meski bakso bukan kuliner asli Indonesia, nyatanya tidak menghalangi baksi menjadi primadona di seluruh nusantara.

Bahkan kreativitas orang Indonesia mampu membuat bakso dalam berbagai kreasi. Hebatnya lagi, variasi bakso tetap memiliki cita rasa nikmat.

Bakso sendiri mungkin sudah bermutasi jadi puluhan jenis. Kalian pasti sudah akrab dengan bakso Malang, bakso mercon, bakso bola tenis, bakso penyet, bakso urat, bakso tahu, dan masih banyak lagi.

Tapi kalau dilihat dari jenis dagingnya, sebenarnya hanya ada bakso daging sapi, ayam, dan bakso ikan. Apapun jenisnya, bakso pasti akan dicari di acara pesta pernikahan.

Karena itu sayang banget kalau tidak menyertakan bakso dalam resepsi kalian. Terlebih harga seporsi bakso terhitung sangat murah.

Pasti cocok untuk kalian yang ingin biaya catering murah tapi tetap memuaskan tamu undangan. Terlebih kalau resepsi diadakan di siang hari, wah pasti makin nikmat makan bakso.

bakso

3. Nasi liwet

Satu lagi kuliner nusantara yang pantas disajikan di pesta pernikahan, yaitu nasi liwet. Menampilkan nasi liwet tidak hanya untuk memanjakan tamu, tapi juga melestarikan warisan nenek moyang.

Karena nasi liwet ternyata sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Dan ada banyak cerita mengenai asal muasal nasi liwet. Tapi mayoritas meyakini nasi liwet berasal dari daerah Solo Jawa Tengah.

Menu nasi liwet sendiri hampir sama dengan nasi gurih atau nasi uduk. Hanya saja disajikan dengan suwiran ayam, sayur labu siam, dan kuah areh yang terbuat dari santan kelapa.

Agar makin ramai, kita bisa menambah lauk pauk lainnya seperti tahu, tempe, maupun telur pindang.

Memilih nasi liwet dalam pesta pernikahan jelas menghemat budget catering. Tapi cita rasa gurih dan kelezatannya bisa membuat pernikahan kamu terasa makin spesial.

4. Nasi goreng

Seperti kuliner nusantara lainnya, nasi goreng juga memiliki beragam versi. Tapi apapun versinya, kuliner ini dibuat dengan menggoreng nasi dan ditambah dengan berbagai bumbu.

Untuk menambah kelezatan, nasi goreng biasa dicampur dengan bumbu nusantara, seperti bawang merah, bawang putih, lada, kecap manis, dll.

Karena cara masak yang sangat sederhana, tidak heran kalau semua orang suka nasi goreng. Dari Sabang sampai Merauke cocok dengan rasa nasi goreng.

Bahkan tidak hanya orang Indonesia lho, kelezatan nasi goreng diakui sampai mancanegara.

Nah bagi yang masih bingung menu yang akan disajikan di pesta pernikahan, kenapa tidak menyajikan nasi goreng saja?

Seporsi nasi goreng sudah cukup mengenyangkan tamu undangan. So, segera masukkan nasi goreng dalam daftar menu resepsi nikahanmu ya!

5. Siomay

Bagi yang tidak ingin menu makanan berat, biasanya tamu undangan akan mencari menu stall tapi tetap bergizi. Nah saat itulah siomay jadi salah satu yang banyak diburu. Sehingga tak aneh kalau acara resepsi nikahan serasa ada yang kurang tanpa adanya siomay.

Siomay sendiri dikenal sebagai makanan khas Sunda. Tapi sekarang ini siomay sudah menyebar ke seluruh nusantara dan jadi kekayaan kuliner Indonesia.

Untuk tamu undangan yang ingin makanan bergizi, siomay yang terdiri dari ikan, kentang, pare, telur, hingga tahu ini jelas recommended.

Tak hanya bergizi, aroma bumbu kacang siomay juga menggoda. So, setuju kan kalau kita jadikan sebagai menu wajib pesta pernikahan?

6. Sate

menu catering pernikahan

Sate jadi salah satu makanan khas Indonesia lainnya yang disukai banyak orang. Bahkan tak jarang turis asing menjadikan sate sebagai menu favorit.

Begitu juga kalau ditampilkan sebagai menu pesta pernikahan. Semua jenis sate, apakah sate kambing, ayam, atau sate padang, kuliner yang satu ini dijamin jadi buruan tamu undangan.

Karena itu jangan heran kalau sate biasanya lebih cepat habis dibanding menu lainnya. Apalagi kalau vendor catering menyajikan daging secara lembut dan bumbu kacang dengan rasa spesial. Udah pasti bikin ketagihan.

Agar makin mantab, kamu bisa request untuk melengkapi steak ala Indonesia ini dengan irisan bawang merah dan cabai hijau. Aroma sedapnya tentu menggoda tamu untuk segera menikmati.

7. Sup

Menu sup dengan sayuran dan kuah segar tidak bisa dilewatkan begitu saja sebagai bagian pernikahan. Dan sudah pasti sup segar bakalan disukai para tamu undangan.

Bahan pembuat sup sendiri banyak, bisa dari aneka daging, kacang-kacangan, dan sayuran yang direbus. Tapi satu yang pasti, sup kaya rasa karena aroma kuah kaldunya yang sangat lezat.

Sebagai makanan yang ramah untuk lambung, sup biasa dinikmati pada menu pembukaan pesta pernikahan. Karena itu penting untuk menyajikan sup senikmat mungkin.

Tidak hanya baik untuk pencernaan, sup juga bermanfaat untuk menambah imun, kesegaran, kekuatan tubuh, serta aroma hangatnya mampu mengobati hidung tersumbat.

Sudah gitu, bahan pembuat sup sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga sangat terjangkau untuk siapapun.

8. Olahan ayam

Daging ayam bisa dibilang makanan rakyat. Dimanapun berada, kita bisa menemui menu daging ayam dalam berbagai varian.

Tapi menu olahan ayam juga kerap menghiasi acara hajatan apapun, termasuk resepsi pernikahan. Untuk pecinta daging, berbagai olahan ayam jelas bakal jadi favorit.

Daging ayam juga tidak membosankan, kerena bisa dihidangkan dalam berbagai bentuk. Mulai dari ayam goreng atau bakar, rica-rica ayam, ayam geprek, ayam kecap manis, ayam crispy, ayam mentega, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan komposisi bumbu yang pas dan sepiring nasi putih, daging ayam lezat ala restoranpun akan tersaji di pesta pernikahanmu.

9. Olahan daging

Siapa yang gak suka dengan berbagai menu olahan daging sapi atau kambing? Walau harganya jauh di atas daging ayam, tidak bisa dipungkiri kalau daging tetap banyak disuka.

Makanya tak heran kalau pangsa pasar daging tetap ada serta memiliki penggemar loyal. Dan menu kaya protein ini hampir dipastikan banyak diperebutkan di berbagai acara besar, salah satunya pesta pernikahan.

Untuk sajian yang tepat, kamu bisa meminta jasa catering untuk membuatkan menu daging yang lezat. Misalnya sate, gulai, tongseng, semur, tumis daging, sup dading, bistik, rendang, hingga beef teriyaki.

Lengkap kan, jadi menu mana yang kamu pilih?

10. Olahan ikan

Selain daging dan ayam, olahan ikan menjadi menu kaya protein yang recommended untuk disajikan di acara resepsi nikahan. Dengan nutrisi lebih tinggi, harga ikan justru lebih murah dibanding daging lho.

Dengan kekayaan ikan dari alam Indonesia, kamu bisa memilih jenis apa aja. Mulai ikan kembung, gurame, nila, mujair, hingga ikan laut dan seafood.

Untuk urusan lidah, rasa ikan yang khas dan nikmat menjadikannya disukai berbagai kalangan masyarakat. Ikan juga sangat cocok dikombinasi dengan bumbu apa aja.

Penyajiannya juga cukup gampang lho. Kamu tinggal request ke pihak catering. Apakah ingin ikan bakar, pesmol ikan, pepes, dikukus, atau dibikin balado.

Banyak pilihan kan? Dengan disajikan bersama nasi hangat, dijamin ludes dalam waktu singkat dech.

11. Pempek

Pempek yang biasa disebut empek-empek memang berasal dari Palembang. Tapi saat ini pempek sudah jadi milik bangsa Indonesia.

Karena makanan yang terbuat dari ikan, tepung kanji, dan cuka ini memang sangat terkenal di seantero nusantara.

Dan meski penggemarnya tidak sebanyak bakso atau soto, tetap saja pempek amat menarik untuk tamu undangan. Dengan harga yang lumayan murah, pempek juga membuatmu lebih ngirit biaya catering.

12. Aneka jajanan tradisional

Tamu undangan tentu bakal puas kalau menu pesta pernikahan kita benar-benar nikmat. Selain menu utama, jangan lupakan juga untuk menyajikan menu pelengkap atau cemilan semenarik mungkin.

Salah satu yang wajib ada dalam pesta pernikahan adalah jajanan tradisional dengan beragam jenis dan rasa. Daripada menampilkan cake dari luar negeri, lebih baik kita hadirkan jajanan asli Indonesia.

Sebut saja nagasari, lemper, combro, klepon, kue putu, getuk, onde-onde, serabi, dan masih banyak lagi. Karena kudapan tadi termasuk warisan nenek moyang, sudah pasti cocok untuk lidah orang Indonesia.

Selain enak, makanan kecil tadi harganya juga sangat murah. Sehingga pas untuk kamu yang ingin nikah dengan budget terbatas.

13. Pasta

menu catering pernikahan pasta

Kalau kamu ingin variasi menu agar beraroma internasional, salah satu yang disukai adalah pasta. Meski dari Italia, tapi pasta juga jadi favorit orang Indonesia, tua dan muda.

Jenis pasta sendiri sangat banyak dan di negeri asalnya dibedakan berdasar bentuknya. Sedangkan di Indonesia sendiri ada beberapa jenis pasta yang lumayan terkenal seperti spagheti, makaroni, dan lasagna.

Nah tidak ada salahnya menjadikan pasta salah satu menu gubukan. Apalagi ada banyak nutrisi yang terkandung dalam pasta.

Tapi ingat, tidak semua orang Indonesia suka pasta lho. Agar rasa lokal tetap ada, kamu bisa mengkombinasikan pasta dengan sayuran seperti brokoli, jagung, terong, serta kacang-kacangan. Jadilah pasta ala nusantara.

14. Hamburger mini

Seperti halnya pasta, hamburger jadi salah satu cara membuat pestamu bercita rasa internasional. Kebetulan juga hamburger sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia.

Dari tampilannya saja, roti burger yang dipadu dengan daging sosis, sayuran, dan saus ini jelas menarik perhatian. Terlebih kalau disajikan masih hangat.

Dengan rasa yang lezat, jangan heran kalau hamburger bakal jadi buruan banyak orang. Nah agar tidak membuat para tamu kerepotan, kamu bisa request hamburger ukuran kecil atau mini.

Disamping itu, burger mini bisa membuat kita sedikit ngirit dan penampilannyapun tampak lebih unik.

15. Es krim

Rasanya tak lengkap kalau pesta pernikahan tanpa es krim sebagai hidangan pencuci mulut. Tak hanya anak kecil yang suka es krim, tapi orang dewasa juga suka lho.

Terlebih kalau pesta pernikahan diselenggarakan di siang hari yang panas, pasti makin nikmat. Tidak hanya nikmat, penyajian es krim secara cantik akan menarik perhatian tamu undangan.

Kamupun bisa memilih berbagai jenis es krim. Misalnya es krim Turki, es krim sandwich, es krim gulung, serta es krim teppanyaki.

16. Salad buah

Sebagai menu penutup, jangan lupakan salad buah. Meski disajikan mentah, menu dessert yang satu ini jelas ditunggu-tunggu para tamu. Bahkan tak jarang salad buah lebih cepat habis dibanding makanan berat lho.

Terlebih kalau berbagai buah-buahan segar ini dicampur dengan salad berbahan istimewa, sudah pasti terasa nikmat dibanding makan buahnya saja.

Bagi vegetarian atau sedang diet, salad buah juga jadi menu alternatif untuk tetap kenyang sekaligus sehat. Kandungan di dalamnya sudah sangat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral.

So, jadikan pesta nikahan kalian makin berkesan dengan salad buah.

Menghidangkan yang terbaik menjadi wujud terima kasih untuk kerabat, sahabat, dan teman kita yang telah bersedia hadir ke pesta pernikahan.

Dan sudah semestinya untuk memberikan menu catering pernikahan spesial untuk tamu terbaikmu. Karena kebahagiaan pengantin lebih lengkap lagi kalau melihat tamu undangan senang dengan menu yang disajikan.

Nah menu apa yang kira-kira jadi favoritmu? Yuk share pendapatmu di kolom komentar!