Menu Catering Harian – Bagi perusahaan, apa aset utama dalam menjalankan bisnisnya? Bisa dibilang karyawanlah aset utama sekaligus modal paling penting untuk perusahaan.

Tanpa karyawan, seberapa kuatnya modal atau sehebat apapun perusahaan, pasti tidak akan berjalan dengan baik. Contohnya saja saat pekerja mogok, perusahaan akan mendapat kerugian besar.

Tapi kalau karyawan bekerja dengan nyaman, semangat tinggi, dan sepenuh hati, maka perusahaan pula yang mendapat keuntungan.

Karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan dan menjaga karyawan sebaik mungkin. Dan sebagai bentuk perhatian, ada banyak cara bisa dilakukan perusahaan.

Salah satunya dengan memberi fasilitas asupan menu penuh gizi. Para karyawan sudah mencurahkan energi dan pikiran demi kemajuan perusahaan.

Jadi wajar saja kalau kebutuhan gizi mesti dipenuhi dengan baik. Nah daripada memberi uang makan ke karyawan, lebih baik kalau perusahaan yang menyediakan menu catering harian.

Kalau karyawan harus membeli makanan di luar kantor, perusahaan tidak bisa mengontrol kebersihan serta kualitas makanan.

Lain halnya kalau makanan disediakan, perusahaan bisa memilih sendiri catering yang dianggap kompeten dan sesuai dengan standar kesehatan perusahaan.

Yang tidak kalah penting lagi, perusahaan bisa request ke vendor catering mengenai menu yang akan disajikan. Menu bervariasi tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga menghindarkan karyawan dari kebosanan.

Menu Catering Harian di Kantor

Nah berikut ini beberapa menu catering harian yang recommended dan sangat pas disajikan di kantor atau pabrik.

1. Soto

menu catering harian soto

sumber: detik.com

Rasanya tidak ada orang Indonesia yang tidak kenal dengan soto, baik soto ayam maupun daging. Nasi hangat ditambah kuah gurihnya selalu cocok dengan selera karyawan.

Soto juga terasa segar di segala suasana, di siang hari yang panas ataupun saat hujan. Apalagi kalau ditambah dengan bigun, tauge, seledri, telur, tomat, sambal, dan kerupuk. Sudah tentu pas untuk makan di siang hari.

Untuk variasinya, kantor bisa request berbagai jenis soto yang ada di Indonesia. Ada soto Lamongan, Makassar, Kudus, Betawi, Pekalongan, Bandung, hingga soto Madura.

2. Ayam goreng

Ayam goreng merupakan salah satu makanan rakyat yang disukai banyak orang, termasuk pekerja kantoran. Selain enak, ayam goreng juga punya nilai gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Kalau catering menyajikan ayam goreng, hampir bisa dipastikan akan habis dalam waktu singkat. Ayam goreng makin mantab kalau ditambahkan dengan lalapan dan sambal hijau.

Biasanya kantor akan memesan ayam goreng yang dikemas dalam bentuk nasi kotak. Sedangkan untuk pabrik, mereka lebih senang jika disajikan secara prasmanan.

Ayam goreng juga bisa dibuat dalam berbagai resep, misalnya ayam goreng crispy, serundeng, kremes, ayam goreng bumbu bacem, dll. Kantor tinggal request saja, dan vendor akan berusaha memenuhinya.

3. Capcay

menu catering harian capcay

sumber: detik.com

Kompetisi antar perusahaan membuat pekerja dituntut terus fokus meningkatkan performanya. Sayangnya keasyikan kerja justru menjadikan pekerja kantoran sering melupakan makanan sehat.

Karena berbagai sayuran yang ada didalamnya jelas menyehatkan. Selain mengenyangkan, tubuh kita mendapat manfaat besar. Dan tubuh yang sehat membuat karyawan mampu bekerja lebih maksimal lagi.

Capcay sendiri berasal dari negeri China yang terbuat dari sayuran lengkap seperti sawi, kol, brokoli, wortel, hingga buncis.

Bahan sayuran tadi mengandung zat besi yang akan meningkatkan daya tubuh orang yang memakannya. Agar lebih lezat dan bergizi, kita bisa menambahkan dengan daging atau seafood.

4. Sup Ayam

Sup ayam hangat jadi menu paling pas untuk yang kerjanya di ruangan dingin ber-AC atau cuaca mendung. Di saat pandemi Covid-19, mengkonsumsi sup ayam juga bermanfaat meningkatkan imun tubuh.

Terlebih sup memiliki kandungan gizi sangat lengkap. Mulai dari protein, karbohidrat, kalori, mineral, hingga vitamin.

Sedangkan berbagai sayuran seperti wortel, brokoli, kol, buncis, hingga kacang polong bisa berfungsi sebagai anti oksidan yang akan melindungi dari virus.

Agar sup lebih bervariasi, kamu juga bisa berkreasi dengan menambahkan bahan lain seperti sosis, bakso, daging, dan yang lainnya.

Nah agar karyawan selalu bugar dan kuat, tentu saja sup ayam bisa jadi pilihan sebagai menu catering harian.

5. Nasi padang

Meski namanya nasi Padang, tapi disukai hampir semua orang tanpa peduli asal daerah, suku, dan ras suka menu ini. Karena itu tidak heran kalau restoran nasi Padang ada di semua wilayah NKRI.

Lalu apa yang jadi khas dari nasi Padang?

Sudah barang tentu kuah bersantan disertai sambal ijonya yang cukup pedas. Kalau sudah makan dengan kuah khas nasi Padang ini, apapun lauknya terasa nikmat.

Sedangkan untuk menu karyawan, biasanya nasi Padang disajikan dengan rendang, ayam goreng atau bakar, kikil. ikan, sayur nangka, dan yang lainnya.

Dengan berbagai bahan bergizi nan lezat tadi, sudah sangat cukup untuk mengisi perut karyawan hingga selesainya jam kantor.

Dan tahukah kamu kalau kepopuleran nasi Padang sudah sampai ke mancanegara? Bahkan pada tahun 2017 lalu nasi Padang dengan rendangnya dinyatakan sebagai makanan terlezat di dunia.

6. Pecel lele

Tidak diragukan lagi kalau pecel lele menjadi makanan favorit orang Indonesia. Tidak terkecuali para pekerja kantoran yang menyukai kelezatan pecel lele.

Meski pecel lele lebih populer sebagai makanan pedagang kaki lima di pinggir jalan, tapi bisa juga dijadikan menu harian kantor. Dengan harga relatif terjangkau, pecel lele ternyata banyak diminati perusahaan.

Dengan disajikan bersama nasi putih, tahu, tempe, dan lalapan, sudah pasti terasa pas di lidah para penghuni kantor.

Untuk variannya, kantor bisa pesan lele goreng atau bakar. Agar lebih nikmat dan memikat banyak orang, biasanya vendor catering memiliki trik tersendiri dalam mengolah sambalnya.

7. Gado-gado

menu catering harian gado gado

sumber: detik.com

Gado-gado bisa jadi ide menarik lainnya untuk menu harian di kantor. Dilihat dari bahannya yang didominasi sayuran saja sudah ketahuan kalau makanan ini menyehatkan.

Proses membuatnya yang langsung meracik kentang, telur, tahu, tempe, dan saus kacang, juga menjamin kesegaran rasa.

Gado-gado bisa disajikan baik dengan lontong atau air putih. Yang jelas, rasanya tambah lezat kalau disantap dengan krupuk.

Dan untuk karyawan yang vegetarian, gado-gado jelas sangat cocok serta mampu memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan.

8. Nasi rames

Saat jam makan siang tiba, salah satu menu favorit karyawan kantoran adalah menu rumahan. Contohnya saja nasi rames. Tak heran kalau nasi rames sangat pas dijadikan hidangan rutin di kantor.

Nasi rames makin nikmat lagi kalau pihak catering menyediakan lauk pauk dan sayuran bervariasi. Contohnya perkedel, sayur tumis, sayur kikil, telur dadar, ayam goreng, ikan, dan masih banyak lagi.

Lauk pauk yang beraneka ragam tadi sudah sangat cukup untuk kebutuhan gizi sehari-hari. Walau begitu, penting juga untuk cermat memilih menu yang lebih sehat. Misalnya menghindari gorengan terlalu banyak.

Banyaknya pilihan menu juga membuat karyawan tidak akan bosan untuk makan di kantor setiap hari. Sudah gitu, menu nasi rames cukup mengenyangkan dan mengembalikan semangat kerja karyawan.

9. Buah-buahan

Apapun menu yang disajikan kantor, jangan lupa untuk melengkapinya dengan buah-buahan. Karena buah-buahan menjadi menu paling penting dalam membantu pencernaan tubuh.

Mengkonsumsi buah tiap hari juga bisa menghindarkan dari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, dll. Karena di dalam buah kaya berbagai nutrisi.

Khusus untuk kebutuhan karyawan, kantor bisa memilih jenis buah-buahan yang mampu menjaga stamina tetap fit. Misalnya jeruk, jambu merah, anggur, apel, semangka, pisang, nanas, dll.

Nah demikian tadi beberapa menu yang bisa jadi inspirasi sebagai menu harian di kantor. Apapun yang akan disajikan ke karyawan, usahakan untuk memilih menu yang sehat dan berkualitas.

Agar karyawan tetap sehat dan bisa bekerja dengan maksimal. Gimana, udah menentukan pilihan menu untuk karyawan?