Makanan Khas Sunda – Bangsa Indonesia tidak hanya terkenal dengan banyaknya pulau dengan berbagai tradisi dan budaya. Tapi makanan nusantara diakui sangat beragam dan berkelas.

Karena hampir semua masakan Indonesia dilengkapi dengan rempah yang melimpah dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu daerah yang makanannya enak-enak adalah Jawa Barat atau yang dikenal sebagai suku Sunda. Wajar saja karena orang Sunda memang jago berkreasi bahan masakan menjadi menu lezat.

Banyak yang bilang kalau makanan orang Sunda identik dengan sambal pedas dan lalapannya. Tapi ternyata ada juga yang rasa gurih, manis, asin, sampai asam segar lho.

Daftar Menu Makanan Khas Sunda

Menu ala Sunda yang bervariasi menjadikan makanan khas Sunda disukai dan menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Bahkan ada beberapa yang sudah go internasional.

Lalu apa saja sih menu makanan Sunda yang jadi favorit keluarga dan wajib dicoba? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Karedok

karedok makanan sunda

Banyaknya penjual karedog di Jakarta dan sekitarnya membuat banyak orang menyangka kalau makanan yang terdiri dari sayuran ini berasal dari Betawi. Padahal makanan dengan bentuk mirip gado-gado ini berasal dari Sunda.

Karedok didominasi bahan dari sayur-sayuran seperti tauge, mentimun, kubis, ubi, daun kemangi, terong, kacang panjang, kol, dan jenis sayuran mentah lain sesuai selera.

Sedangkan bumbu kacang pedasnya terbuat dari cabai merah, bawang putih, terasi, kacang tanah, gula jawa, garam, dan air asam.

Dengan bahan-bahan yang masih alami, karedok jelas cocok bagi yang sedang menjalani program diet atau ingin menu sehat nikmat tanpa mahal.

Dilihat dari bahan pembuatnya karedok mamang mirip gado-gado atau lotek. Hanya saja karedok menggunakan sayur mentah, sedangkan lotek memakai sayuran matang yang sudah direbus.

Karena itu tidak heran kalau ada orang Sunda yang menyebut karedok dengan nama lotek atah atau lotek mentah. Makin enak lagi karena karedok khas Sunda disantap dengan lauk tahu tempe dan nasi hangat.

2. Sayur asem

Nenek moyang kita telah mewariskan begitu banyak resep bercita rasa tinggi secara turun menurun. Tak hanya enak di lidah lho, makanan Indonesia juga sehat dan bergizi tinggi. Salah satunya Sayur asem.

Sayur asem merupakan menu makanan Sunda yang sudah menyebar ke berbagai daerah. Karena itu kita mengenal ada sayur asem Betawi, Jawa Tengah, Brebes, Banjar, Jawa timur, hingga sayur asem Aceh.

Sudah lezat, cara membuat sayur asem juga sangat mudah. Bahan-bahannya terdiri dari sayuran yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Misalnya kacang panjang, nangka muda, melinjo, labu siam, terong, daun so, tomat, dan yang lainnya.

Dengan bahan sayuran, sayuran asem terasa nikmat dan menyegarkan. Makin lezat lagi kalau disajikan bersama menu pendamping seperti ikan asin, sambal, dan lalapan.

3. Nasi timbel

nasi timbel khas sunda

Nasi timbel sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Tapi tahukah anda kalau anda kalau nasi timbel berasal dari tanah Sunda?

Makanan yang satu ini memiliki ciri khas rasa yang sangat kuat, sesuai dengan karakter orang Sunda pada umumnya.

Dan di Sunda sendiri, ternyata ada banyak versi nasi timbel. Jadi jangan heran kalau suatu saat anda bertemu dengan nasi timbel berbeda-beda.

Tapi pada umumnya nasi timbel terbuat dari beras merah campuran atau beras bagolo.

Di masa lalu nasi timbel biasa dihidangkan dengan daun pisang sebagai pembungkus dan digunakan untuk pak petani yang sedang istirahat siang.

Tapi siapa sangka sekarang nasi timbel telah berubah menjadi sajian berkelas yang biasa dihidangkan ke semua kalangan.

Penyajiannyapun tidak selalu dengan daun, tapi dengan alat makan biasa seperti piring.

Nasi timbel pulen sangat pas disandingkan dengan lauk pauk ikan asin, pepes ikan, tawes, ayam goreng, atau empal.

4. Lotek

Meski terkenal di seluruh Jawa, lotek sebenarnya asli Sunda. Tampilan luar lotek hampir sama dengan karedok, yaitu sama-sama sayuran yang disiram bumbu kacang. Tapi lotek cenderung lebih mirip dengan pecel Madiun.

Karedok juga cukup dinikmati dengan nasi hangat, sedangkan lotek lebih cocok disajikan dengan lontong.

Adapun jenis sayurannya tak jauh beda dengan karedok. Misalnya kangkung, tauge, kembang kol, kacang panjang, kapri, bayam, dan kacang kedelai.

Anek sayuran tadi dicacah-cacah, lalu disiram bumbu kacang yang sudah ditumbuk. Tambahan kencur mempu menambah keunikan rasa bumbu kacang.

Karena terbuat dari sayuran dan bumbu kacang segar, lotek jadi favorit masyarakat Jawa Barat. Makanya jangan heran kalau anda selalu dijamu lotek saat bertamu ke daerah Sunda.

5. Bakakak ayam

Bagi yang mendengar nama bakakak ayam untuk pertama kali, pasti terkesan unik dan lucu. Padahal kuliner tradisional yang satu ini sangat terkenal di daerah Jawa Barat.

Nah bagi anda yang berencana mengunjungi kota-kota di Jawa Barat, jangan lupa mencoba menu yang satu ini ya.

Seperti namanya, bakakak ayam menggunakan ayam sebagai bahan utama. Biasanya dipilih ayam kampung yang dibakar atau dipanggang, lalu disajikan dalam bentuk utuh.

Saat membakar, olesi ayam dengan bumbu halus bercita rasa Sunda yang dibuat dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, kemiri, ketumbar, dan cabai merah.

Karena ayam masih utuh, satu bakakak ayam bisa dinikmati beberapa orang. Jadi sangat pas buat anda yang ingin makan sekeluarga atau makan bersama sahabat dekat.

Rasa bakakak ayam makin istimewa saat dinikmati bersama sambal hijau atau sambal merah serta lalapan sayur.

6. Nasi liwet Sunda

Nasi liwet sekarang ini sudah jadi menu favorit orang perkotaan, termasuk warga Jakarta. Dan selama ini mungkin kita mengenal nasi liwet sebagai makanan khas Solo. Tapi ternyata ada versi Sunda juga lho.

Proses memasak nasi liwet Sunda dan Solo sebenarnya sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada bahan masaknya. Nasi liwet ala Solo menggunakan santan, sedangkan di Sunda tidak ada santan.

Meski tanpa santan, versi Sunda tetap gurih dan bercita rasa lezat. Karena nasi liwet Sunda kaya akan rempah khas nusantara seperti bawang merah, bawang putih, batang serai, daun kemangi, daun salam, serta cabai rawit.

Nasi liwet di masa lalu biasa dibawa petani perkebunan sebagai bekal dari pagi hingga sore hari.

Sebagai lauk pelengkap, nasi liwet biasa disantap dengan ikan asin, ikan bakar, tahu tempe, sayur asem, atau menu sesuai selera lainnya.

7. Kupat tahu

kupat tahu makanan sunda

Makanan berbahan dasar kupat atau lontong memang jadi favorit seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya kupat tahu asli kota kembang Bandung. Makanan khas Bandung ini sangat pas untuk mengisi perut saat sarapan.

Secara penampilan, kupat tahu Bandung sangat mirip ketoprak Jakarta atau kupat tahu versi Solo dan Magelang. Berbahan utama tahu digoreng serta dilengkapi tauge rebus dan guyuran bumbu kacang.

Tapi kupat tahu ala Bandung terlihat lebih encer karena diisi dengan santan dan kencur. Aroma kupat tahu Bandung juga terasa lebih kuat dibanding yang lainnya.

Selain itu, tahu yang digunakan juga harus agak lembek, lalu digoreng setengah matang. Untuk rasa tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing.

Kalau mau kupat tahu pedas, tinggal tambahkan sambal. Ingin rasa manis, tinggal tambahkan kecap sesukanya.

8. Batagor

Batagor sudah tidak asing bagi warga Jawa Barat maupun luar Jawa Barat. Bahkan jajanan khas Bandung perpaduan makanan Indonesia dan Tionghoa ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia.

Hal ini karena banyaknya pedagang keliling yang menjajakan batagor di berbagai kota.

Asal muasal penamaan batagor sebenarnya dari kata “bakso tahu goreng”. Dari namanya kita segera tahu kalau bahan utama batagor adalah tahu yang digoreng.

Tahu tersebut dilembutkan lalu diisi dengan adonan dari ikan tenggiri, telur, kulit pangsit, dan tepung sagu. Adapun bumbu terdiri dari bawang putih, merica, garam, dan gula pasir.

Semua bahan tadi dibentuk bulat lalu digoreng hingga matang. Untuk menambah rasa, batagor yang sudah terpotong-potong dihidangkan bersama bumbu kacang, perasan jeruk nipis, kecap manis, atau sambal.

9. Siomay atau baso tahu

Kuliner yang satu ini jelas disuka semua orang. Dari anak-anak, dewasa, sampai orang tua suka siomay. Tapi tahukan anda kalau orang Bandung biasa menyebut dengan nama baso tahu?

Kalau kita datang ke Bandung, sangat mudah menemukan pedagang siomay. Mirip dengan batagor, siomay juga disajikan dengan saus kacang.

Hanya saja bahan batagor dibuat dengan cara digoreng, sendangkan siomay dimasak dengan cara dikukus.

Seporsi siomay biasa berisi beberapa bahan makanan seperti siomay, baso tahu, adonan ikan dan telur, kentang rebus, kol rebus, pare, dan telur rebus.

Gabungan bahan rebusan tadi makin terasa nikmat karena diguyur bumbu kacang yang bercita rasa pedas.

So jangan heran kalau siomay sudah terasa pedas meski tanpa sambal. Karena bumbu kacangnya saja sudah cukup pedas.

10. Empal gentong

Sekarang saatnya pindah ke Jawa Barat sebelah utara, tepatnya Cirebon. Karena anda akan menemukan empal gentong yang mirip gulai sapi.

Tak kalah dengan menu Sunda lainnya, empal gentong juga termasuk makanan sederhana tapi terkenal hingga luar Jawa Barat.

Bahan utama empal gentong terdiri dari kombinasi daging sapi, babat, dan usus. Karena itu empal gentong cenderung terasa gurih.

Penamaan gentong sendiri merujuk pada proses masaknya yang menggunakan kayu bakar di dalam periuk tanah liat atau gentong. Empal gentong biasa dihidangkan dengan nasi atau lontong.

Menu Sunda yang satu ini bercita rasa kuat karena kaya rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kapulaga, santan kelapa, sera, kayu manis, kunyit, lengkuas, jahe, dll.

11. Mie kocok

mie kocok bandung sunda

Indonesia dikenal kaya akan makanan berbahan dasar mie. Salah satu yang kondang karena kelezatannnya adalah mie kocok asli Bandung.

Nama mie kocok diambil dari cara pembuatannya yang dilakukan dengan mengocok mie yang ditempatkan di dalam wadah logam bolong-bolong sembari dicelupkan ke air panas.

Adapun bahan pembuatnya terdiri dari mie kuning gepeng yang bertekstur lembut. Mie kuning tadi dikombinasi dengan kuah kaldu sapi, kikil, bakso, tauge, serta irisan daun bawang, bawang goreng, dan seledri.

Adanya kuah kental membuat mie kocok makin menggiurkan dan menggoda selera makan kita. Untuk menambah variasi bahan, ada juga yang menambahkan babat sapi, ceker ayam, atau daging sapi.

Rasa mie kocok Bandung makin spesial dengan menambahkan kecap manis atau sambal. Silakan dikondisikan sesuai dengan selera di lidah.

12. Soto Bandung

Siapa tak suka dengan soto? Sepertinya soto jadi menu kesukaan hampir semua orang Indonesia. Bahkan tiap daerah punya soto kebangaan dengan ciri khas masing-masing.

Umumnya soto terdiri dari kuah segar yang berisi irisan daging, tauge, seledri, dan sayuran lainnya. Nah dari anek ragam soto nusantara, Jawa Barat juga punya soto Bandung lho.

Sekilas tidak ada beda soto Bandung dengan yang lainnya. Tapi kalau diperhatikan ada yang lain dari bahan pembuatnya.

Bahan utama soto Bandung adalah daging sapi yang dibumbui dengan rempah seperti serai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, garam, gula, dan merica bubuk.

Ciri khas lain yang jarang ditemui adalah kuah soto Bandung sangat bening serta diberi taburan kacang kedelai goreng. Tambahan kacang kedelai goreng ternyata juga membuat sot Bandung terasa lebih gurih dan nikmat.

13. Sate maranggi

makanan khas sunda sate maranggi

Siapa yang tidak tahu kelezatan sate maranggi? Bagi yang pernah berkunjung ke Purwakarta Jawa Barat, sate maranggi pasti jadi buruan utama.

Sangat mudah menemukan sate maranggi di Purwakarta dan sekitarnya. Karena sate yang diambil dari nama pak Ranggi ini dijual di setiap sudut kota. Mulai dari warung tradisional, pedagang keliling, rumah makan, hingga hotel.

Sate maranggi umumnya terbuat dari daging kambing atau sapi. Dan keunikan sate marangi bukan cuma pada rasanya yang enak habis, tapi pada proses pembuatan yang lain dari biasanya.

Sebelum dibakar, sate harus melalui proses perendaman dalam bumbu selama satu hari. Saat dibakar, lagi-lagi sate diberi tambahan rempah khusus.

Dengan cita rasa bumbu yang kuat, sate maranggi sudah sangat nikmat meski tanpa ditambagi saus kecap. Tapi biasanya sate maranggi makin nikmat disajikan dengan tomat atau irisan bawang merah.

Nah itu tadi daftar 13 makanan khas Sunda yang kaya rasa dan wajib dinikmati. Dan tidak harus datang ke Jawa Barat, karena sudah banyak rumah makan atau catering yang menyediakan menu makanan khas Sunda.

Jadi, menu mana yang jadi favorit anda? Selamat mencoba ya!