Kue Tampah – Ngomongin kuliner Indonesia rasanya tiada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke memiliki makanan tradisional dengan rasa sangat nikmat.

Uniknya lagi, makanan tradisional Indonesia merupakan warisan nenek moyang dengan beragam cerita asal-musalnya.

Masih lestarinya makanan daerah sampai sekarang membuktikan kalau makanan tersebut memiliki penggemar yang sangat loyal.

Salah satu jajanan tradisional yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia itu adalah kue tampah. Dari namanya aja kita bisa menebak kalau jajajan ini berupa berarti bermacam-macam kue yang ditempatkan di atas tampah.

Tampah sendiri berupa anyaman batang bambu yang berbentuk budar menyerupai piring. Tampah awalnya digunakan untuk menampi atau membersihkan beras dengan cara diayak.

Setelah kotoran terlepas, barulah kita bisa membersihakan beras dengan air lalu memasaknya.

Nah selain untuk membersihkan beras, ternyata tampah juga sering digunakan sebagai tempat kue. Biasanya kue di atas tampah ini disajikan pada acara-acara spesial, seperti syukuran, arisan, hajatan, hingga lamaran.

Bahkan ada yang menghias tampah dan kuenya sedemikian rupa sehingga kue dalam tampah terlihat makin menarik. Untuk jenis kuenya sendiri, kita bisa memilih berbagai kue tradisional sesuai selera lidah.

Dan kalau kita mempercayakan urusan konsumsi ke jasa catering, mereka sudah memiliki beragam jenis kue yang bisa dipesan.

Jenis Kue Tampah Terpopuler

kue tampah acara

Nah ingin tahu apa aja jenis kue tampah terpopuler dan jelas nikmat? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Kue lapis

Siapa sih yang gak suka dengan kue lapis legit? Kue lapis yang manis, dan enak siap memanjakan lidah kita semua.

Apalagi dengan warna warni uniknya, jajanan tradisional ini cocok digunakan di acara apa saja dan pastinya membuat ketagihan.

Dilihat dari bentuknya yang menarik, kue lapis hampir selalu ada di deretan kue dalam tampah. Terlebih dengan harga yang sangat murah. Sangat pas untuk acara sederhana, ekonomis, tapi tetap berkesan.

2. Putu ayu

Putu ayu merupakan kue tradisional yang memiliki rasa asin dan manis jadi satu. Dengan tekstur lembut dan harum aroma pandan, siapapun tidak bisa menolak kue putu ayu.

Nah untuk kamu yang ingin bersantai bersama keluarga atau mengadakan acara, sajian kue putu ayu akan membuat acara terasa makin spesial.

Apalagi dengan bahan utama yang terdiri dari telur, santan, tepung terigu, dan gula pasir, putu ayu bisa menjadi jajanan yang nikmat sekaligus bermanfaat untuk kesehatan.

Nah kalau selama ini kebanyakan orang membuat putu ayu berwarna hijau dengan taburan parutan kelapa, kamu bisa request versi lain. Misalnya putu ayu coklat serta variasi taburan dari coklat atau keju.

3. Lemper

Dilihat dari kepopulerannya, tampaknya lemper berasal dari daerah Jogja, Jateng, dan sekitarnya. Banyak yang bilang juga juga kalau lemper berasal dari istilah jawa Yen Dilem Ojo Memper (kalau disanjung jangan sombong).

Tapi lemper sudah menjadi milik Indonesia dan termasuk salah satu kudapan nusantara dengan penggemar terbanyak. Terbukti sampai saat ini lemper sangat sering disajikan sebagai snack di berbagai acara.

Lemper makin bermanfaat karena biasanya diisi dengan bahan-bahan bergizi tinggi. Seperti beras ketan putih, suwiran daging ayam, telur, serta rempah nusantara.

Sensasi lemper makin terasa dengan daun pisang yang membungkusnya.

Selain lemper yang dikenal selama ini, kamu juga bisa membuat lemper dengan isian yang sesuai dengan makanan favorit masyarakat setempat. Misalnya ada lemper di daerah Ternate yang diisi ikan.

Nah kalau kamu ingin kudapan ringan tapi mengenyangkan, lemper bisa jadi menu pilihan. So, nggak perlu ragu untuk menyajikan lemper ya!

kue tampah syukuran

4. Pukis

Dengan rasanya yang manis dan enak, tidak salah kalau pukis atau kukis jadi kue kegemaran masyarakat Indonesia.

Kita bisa menemui kue pukis dijajakan dimana saja. Tak hanya dijual di pasar tradisional, bahkan pukis ada di toko kue berharga mahal.

Kue pukis sendiri terbuat dengan bahan utama adonan tepung terigu dan telur. Yang membuat makin nikmat adalah meses coklat yang ditabur di atasnya.

Untuk varian rasanya, kamu bisa topping dengan yang lainnya seperti red velvet, nutela, kacang, coklat keju, maupun ovomaltine. Dengan harga sangat murah, dijamin gak rugi deh menyuguh tamu dengan kue pukis.

5. Wajik

Tahu kue tradisional Indonesia berwarna coklat, lengket di tangan dan terasa manis?

Dibanding tahun 90-an, kepopuleran wajik jelas jauh berkurang. Dan memang tidak banyak anak milenial yang familiar dengan wajik. Tapi sekali mencoba, dijamin bakal ketagihan.

Dengan aroma lezatnya, wajik sangat pas menjadi suguhan acara kantor, arisan, pengajian, atau acara keluarga. Kalian tinggal pesan wajik dengan berbagai varian rasa dan warna.

Selain nikmat di lidah, wajik ketan juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, hingga zat besi.

6. Kue lumpur kentang

Lumpur kentang sangat cocok jadi bagian dari kue yang tersaji di berbagai acara. Karena kue kebanggaan Indonesia ini terasa manis, legit, serta pas dinikmati dimanapun dan dimanapun berada.

Nah untuk menjamu tamu ataupun konsumsi meeting kantor, tekstur lembut kue lumpur kentang membuatnya udah lumer di mulut serta menjadikan mood kita bangkit lagi.

Seperti namanya, lumpur kentang terbuat dari kentang, telur, tepung terigu, dan kismis. Tapi kita bisa juga mencicipi rasa lainnya, seperti kue lumpur ubi ungu, kue lumpur kentang pandan, kue lumpur labu kuning, kue lumpur kelapa muda, dll.

Untuk pemesanan, kamu tinggal request ke jasa catering untuk menyiapkan kue lumpur yang sesuai selera.

7. Klepon

Siapa yang bisa melupakan klepon? Jajanan pasar dengan isian gula merahnya ini menjadi salah satu kue tradisional yang masih bertahan hingga sekarang.

Bahkan klepon tidak hanya terkenal di Indonesia, kenikmatannya bisa dirasakan sampai negeri tetangga seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Dan cairan gula merah ini pula yang jadi rahasia kelezatan klepon. Saat digigit, gula merah terasa meleleh bersama taburan kelapa parut.

Klepon biasa dijajakan dalam warna hijau. Agar tidak membosankan, kita bisa kok membuat tampilan klepon yang lain dari biasanya. Misalnya klepon labu kuning, klepon red velvet, klepon bungan telang, klepon isi coklat, dll.

Meski berbeda isi, berbagai kreasi klepon tetap menjanjikan rasa tak kalah enak. So, silakan dicoba ya!

8. Onde-onde

kue tampah lezat

Camilan nusantara tidak hanya enak, tapi banyak juga yang tampilannya unik. Salah satunya kue onde-onde. Dengan bentuk bulat, rasa manis gurih, taburan wijen di atasnya, banyak yang akhirnya ngefans onde-onde.

Biasanya onde-onde terkenal dengan isian kacang hijaunya. Tapi sebenarnya kita bisa berkreasi dengan bermacam-macam bahan lainnya lho.

Ada onde-onde isi pandan, ketan hitam, ubi, keju, labu, cokelat, dan masih banyak lagi. Intinya, perkembangan jaman membuat kita bebas membuat onde-onde agar tampak lebih unik dan menarik.

Meski bukan kue asli nusantara, tapi pastel jelas sangat terkenal di Indonesia. Pastel hampir selalu tersedia di toko kue.

Wajar saja, karena kue berbentuk setengah lingkaran ini terasa lembut, renyah, dan pastinya menggoda untuk dinikmati.

Selain itu, pastel dibuat dengan bahan-bahan bergizi yang membuat kenyang. Misalnya isian daging ayam, telur, wortel, bihun, atau sayuran lainnya.

Pastel makin nikmat setelah ditambahi rempah penambah rasa seperti bawang merah, gula, garam, maupun merica secukupnya. Kamu bisa mengisi pastel dengan bahan dan rempah sesuai selera.

Tapi pastel tidak hanya sedap dan bergizi lho. Proses pembuatannya cukup mudah. Meski begitu, kita akan kerepotan kalau membuat pastel dalam jumlah banyak.

Nah agar tidak kerepotan, ada baiknya percayakan pastel dan kue lainnya pada jasa catering terpercaya. Gimana, tertarik menyajikan kue tampah?