Harga Nasi Kebuli – Bagi pecinta kuliner timur tengah, pasti tidak asing lagi dengan nasi kebuli. Kalau dulu, mungkin hidangan kaya rempah ini hanya identik dengan bangsa arab atau keturunan arab yang hidup di Indonesia. Terutama orang Arab yang lama tinggal di Betawi.

Dan memang di Betawi sendiri pengaruh budaya Arab sangat kuat. Apakah dalam hal arsitektur, gaya hidup, sampai urusan makan.

Tapi sekarang nasi kebuli juga populer di masyarakat Indonesia. Apalagi dengan makin mudahnya orang bepergian ke negara-negara Arab. Apakah untuk bekerja, melaksanakan umrah, haji, atau sekedar pelesiran.

Dan sepulang dari Arab, biasanya mereka terkesan dengan budayanya. Salah satunya dalam hal kuliner. Sehingga banyak masyarakat kita yang akhirnya jatuh cinta dengan nasi kebuli, meski nasi kebuli sendiri bukan kuliner asli Arab.

Salah satu alasannya karena rasa gurihnya yang pas dengan lidah orang Indonesia. Bahkan sekarang ini sangat mudah menemukan nasi kebuli. Kita biasa menghidangkannya di peringatan hari besar Islam.

Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja. Banyak juga yang menyajikan untuk tamu, saat makan bersama satu keluarga, atau ketika kumpul-kumpul dengan teman.

Nah kalau ingin tahu lebih banyak tentang nasi kebuli, manfaat, serta harganya, yuk simak ulasan ini.

Tentang Harga Nasi Kebuli

harga nasi kebuli

Sebagian kita mungkin sudah tahu nasi kebuli, tapi mungkin masih banyak juga yang belum familiar. Karena ternyata ada banyak menu khas nusantara yang mirip nasi kebuli.

Misalnya nasi uduk, nasi lemak dari Malaysia, nasi kuning, dan nasi jenis lainnya yang dimasak dengan santan.

Meski mirip, tapi sebenarnya ada perbedaan sangat besar lho. Ciri khas nasi kebuli sebenarnya dicampur dengan susu kambing, bukan santan. Santan hanya digunakan sebagai pengganti dari susu kambing.

Nasi kebuli yang asli juga dibuat dari beras basmati bersama dengan susu kambing, kaldu daging kambing, minyak samin, serta beberapa rempah seperti cengkeh, kayu manis, lada hitam, kapulaga, dan pala.

Beberapa bumbu lain yang biasa ditambahkan diantaranya bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan jintan.

Untuk membuat nasi kebuli, pertama-tama rempah, bumbu, dan kaldu daging kambing dimasak bersama. Lalu dimasukkan ke nasi setengah matang yang telah dicampur rata dengan susu kambing atau santan.

Setelah itu, orang biasa menaburi minyak samin agar makin terasa aroma harum pada nasi kebuli.

Begitu matang, nasi kebuli makin nikmat kalau disajikan bersama daging kambing. Bisa juga dilengkapi dengan irisan kurma dan asinan nanas atau sambal hati goreng.

Bagi yang kurang suka dengan daging kambing, bisa juga diganti dengan daging ayam atau daging lain sesuai selera. Tapi memang rasanya akan berbeda dan tidak senikmat daging kambing.

Dan dengan tambahan rempah yang terkenal nikmat, kelezatan nasi kebuli ala nusantara ini tak ada tandingannya.

Manfaat makan nasi kebuli

Nasi kebuli yang ada di Indonesia sendiri biasanya bisa dibuat dengan beras basmati atau bisa juga beras biasa. Yang paling mantab, tentu saja beras basmati yang diimpor dari India atau Pakistan.

Ciri paling terlihat dari beras basmati adalah ukurannya yang lebih panjang dibanding beras biasa. Aroma saat dimasak juga terasa lebih harum.

Selain lebih lezat, beras basmati juga dinilai lebih menyehatkan. Beras basmati diketahui memiliki kandungan karbohidrat, protein, tapi rendah lemak.

Kekayaan vitamin, mineral, dan serat pada beras basmati juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Itulah mengapa lebih dianjurkan mengkonsumsi nasi kebuli yang terbuat dari beras basmati.

Jadi kalau kamu ingin mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, tidak ada salahnya mencoba nasi kebuli. Tapi yang asli dari beras basmati ya.

Bahkan kepopuleran beras basmati tidak hanya terbatas di Asia dan Timur Tengah, tapi sangat populer juga di negara-negara barat.

Ingin tahu manfaat lain makan nasi kebuli yang dibuat dengan beras basmati? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Mengurangi risiko kanker usus besar

Sampai saat ini kanker masih jadi penyakit menakutkan yang belum ditemukan obatnya. Dengan penyebaran sel kanker dalam tubuh yang sangat cepat, wajar kalau kita mesti waspada dari makanan yang berisiko kanker.

Nah beras basmati yang memiliki kadar serat tinggi ini ternyata sangat aman dan bisa menghindarkan dari serangan kanker usus besar.

Meski kita mengkonsumsi nasi kebuli dengan daging kambing yang banyak lemaknya, tetap saja kandungan serat nasi kebuli sangat baik untuk kesehatan usus. Tapi ya itu tadi, mesti menggunakan beras basmati.

2. Mengenyangkan

Kandungan serat beras basmati memang memiliki efek luar biasa. Salah satunya membuat kita merasa kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

Hal ini karena lambung memerlukan waktu lebih lama untuk menyerap beras basmati. Sehingga kita tetap tahan dan merasa kenyang meski belum makan dalam jangka waktu lama.

Untuk yang sedang menjalankan program diet, tentu akan senang dengan nasi kebuli. Mereka tetap bisa kenyang tanpa khawatir nambah berat badan.

3. Bagus dikonsumsi penderita diabetes

Makan nasi kebuli dari beras basmati juga jadi berita bagus untuk penderita diabetes atau penyakit gula. Kalau selama ini mereka dibatasi makan nasi, saatnya mencoba kelezatan nasi kebuli.

Beras basmati diketahui memiliki Indeks Glikemik serta kadar gula rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Tapi pastikan dulu nasi kebuli yang dipesan menggunakan beras basmati.

4. Bebas sembelit

Pernahkah kamu merasakan sembelit atau susah buang air besar? Sembelit bisa terjadi karena adanya masalah di sistem pencernaan yang menyebabkan pergerakan makanan jadi lambat.

Nah bagi yang mengalami sembelit, pasti disarankan mengkonsumsi makanan berserat. Salah satunya, ya makan nasi kebuli ini.

Dengan makan nasi kebuli dair beras basmati, kita bisa lebih tenang dan tidak khawatir lagi dengan masalah buang air besar.

5. Membantu pertumbuhan tubuh

Kalau nasi kebuli disajikan dengan daging kambing, jelas sangat baik untuk pertumbuhan tubuh. Karena baik beras basmati maupun daging kambing kaya akan protein.

Selain itu, kandungan mineral seperti fosfor dan kalsium pada daging kambing sangat membantu pertumbuhan tubuh kita.

6. Kaya vitamin

Manfaat nasi kebuli lainnya bisa didapat dari kandungan vitamin dalam bentuk tiamin (vitamin B1 dan niasin (vitamin B3). Keduanya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem syaraf, jantung, dan pencernaan.

7. Bebas kolesterol

Bagi yang bermasalah dengan kolesterol, saatnya mencoba nasi kebuli. Karena beras basmati yang ada pada nasi kebuli kadar lemaknya sangat sedikit.

Beras basmati juga tidak mengandung gluten, sehingga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Anti bakteri

Kalau kita memesan nasi kebuli di restoran atau jasa catering, bisa dipastikan mereka akan mengkombinasikan dengan rempah nusantara yang memiliki banyak khasiat.

Rempah tersebut mengandung senyawa atsiri yang mampu berperan sebagai anti bakteri alami. Ini berarti, nasi kebuli juga meningkatkan imun tubuh sehingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit yang disebabkan bakteri.

Harga nasi kebuli di Jakarta

Dilihat dari cita rasa dan manfaatnya, bisa dipastikan nasi kebuli masuk kategori makanan berkelas yang sayang untuk dilewatkan.

Bahkan nasi kebuli sering jadi hidangan favorit tamu negara dari Timur Tengah yang berkunjung ke Indonesia. Contohnya saat Raja Salman dijamu makan siang, salah satu yang dihidangkan adalah nasi kebuli dengan beras basmatinya.

Meski terkesan mewah, tapi sekarang ini tidak terlalu sulit mencari restoran atau warung makan yang menyediakan nasi kebuli.

Harga nasi kebuli sendiri sangat bervariasi, tergantung lauk pauk yang digunakan serta seberapa banyak dalam satu porsinya. Dan satu lagi, harga nasi kebuli yang dibuat dari beras basmati jelas beda dengan beras lokal.

Untuk nasi kebuli yang dihadirkan dengan telur dadar, harga satu porsinya berkisar 40 ribuan. Adapun untuk nasi kebuli dengan daging kambing, bisanya dibanderol sekitar 50 ribuan per porsi.

Kalau mau mencoba yang lebih murah lagi, kita bisa pesan nasi kebuli original. Ada banyak rumah makan yang menawarkan nasi kebuli original seharga 20 ribu-an per porsi.

Tapi kalau ingin lebih mantab, kamu bisa memesan porsi besar yang bisa dinikmati bersama-sama. Biasanya porsi besar ini disajikan di atas nampan lebar.

Memesan porsi besar untuk 4 atau 5 orang memang terasa mahal. Tapi kalau dihitung patungan per kepala, jatuhnya justru lebih murah lho.

Nah bagi yang gak ingin kemana-mana untuk mendapat nasi kebuli, bisa juga kok minta delivery. Kamu tinggal memilih menu nasi kebuli, jasa catering akan mengantar sampai rumah atau kantor.

Bagi yang sibuk kerja atau khawatir dengan kemacetan Jakarta, layanan delivery ini sangat membantu. Karena kita bisa menikmati kelezatan nasi kebuli tanpa harus kehilangan waktu beraktivitas.

Agar tahu menu apa aja yang disediakan jasa catering, kamu bisa lihat daftar menu nasi kebuli di bawah ini.

#Nasi kebuli ayam goreng

-Nasi kebuli (beras lokal/basmati)
-Ayam goreng
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Emping

#Nasi kebuli kambing goreng

-Nasi kebuli (beras lokal/basmati)
-Kambing goreng
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Emping

#Nasi kebuli ayam panggang

-Nasi kebuli (beras lokal/basmati)
-Ayam panggang
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Emping

#Nasi kebuli kambing panggang

-Nasi kebuli (beras lokal/basmati)
-kambing panggang
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Emping

Sebagai konsumen, kita juga bisa memesan tambahan lauk pauk lainnya. Misalnya ditambahi balado kentang, sambal goreng daging sapi, telur balado, atau perkedel kentang.

Intinya, ada banyak menu nasi kebuli. Kalian tinggal sesuaikan saja dengan selera dan budget yang tersedia. Masih banyak jasa catering yang menyediakan nasi kebuli nikmat tapi harga tetap bersahabat.

Selain itu, kita bisa memesan juga dalam bentuk tumpeng kebuli. Menu ini biasa disajikan untuk acara syukuran yang diadakan di rumah ataupun kantor.

Nasi kebuli yang konon diadopsi dari Timur Tengah dipadukan dengan tumpeng khas Indonesia. Jadi klop sudah kombinasi budaya Arab dan nusantara.

Nasi tumpeng kebuli sebenarnya hampir sama dengan nasi kebuli biasa, hanya saja dibuat bentuk kerucut serta diberi hiasan sayuran hasil bumi Indonesia.

#Tumpeng kebuli ayam

-Tumpeng kebuli (beras lokal/basmati)
-Ayam goreng
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Hiasan sayuran
-Emping

#Tumpeng kebuli kambing

-Tumpeng kebuli (beras lokal/basmati)
-Kambing goreng
-Acar sayuran
-Irisan cabe rawit
-Irisan cabe hijau dan bawang bombay
-Hiasan sayuran
-Emping

Nah itu tadi sekilas mengenai nasi kebuli yang sering jadi menu andalan masakan Timur Tengah. Dengan rasa yang lezat dari rempah pilihan, sudah kebayang kan betapa nikmatnya nasi kebuli.

So gimana dengan kamu, sudah pernah mencicipi nasi kebuli?