Harga Catering Pernikahan – Bagi setiap calon pasangan suami istri, momen pernikahan akan jadi peristiwa yang ingin dikenang sepanjang hidup. Mereka pasti ingin pesta pernikahan bisa sempurna dan berkesan untuk semua orang.

Karena itu tidak heran kalau segala sesuatunya dipersiapkan semaksimal mungkin. Salah satu yang harus diperhatikan dengan seksama adalah konsumsi atau makanan yang akan disajikan untuk tamu.

Bahkan menu makanan menjadi ukuran paling mudah untuk menilai sukses tidaknya resepsi pernikahan. Kalau tamu undangan puas dengan menu makanan, berarti pesta pernikahanmu bisa dibilang sukses.

Tapi sebagus dan semahal apapun bentuk undangan, dekorasi, gaun pengantin, atau gedung yang mewah, tidak banyak berarti kalau tamu kecewa dengan menu yang dihidangkan. Kamu pasti tidak ingin hal ini terjadi kan?

Lalu bagaimana agar tamu puas dengan menu makanan? Apakah harus menggunakan jasa catering bertatif mahal?

Kesuksesan pesta pernikahan tidak selalu identik dengan menghambur-hamburkan uang lho. Ada yang menghemat biaya catering, tapi tetap mampu menampilkan menu yang berkelas lagi lezat.

Tips Memilih Harga Catering Pernikahan dari Vendor

harga catering pernikahan 1

Nah untuk memilih vendor catering yang tepat, yuk simak beberapa tips berikut ini.

1. Dengarkan testimoni orang

Sebelum memilih, hal pertama yang mesti dilakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai jasa catering.

Agar ada pembanding, jangan satu vendor. Tapi bandingkan setidaknya dua atau tiga vendor jasa catering pernikahan.

Informasi akurat bisa didapat dengan mendengar testimoni saudara, tetangga, atau teman yang pernah menggunakan jasanya.

Cara lain adalah dengan mencari review di forum internet. Kalau jasa catering tersebut memiliki reputasi dan kredibilitas baik, pasti ada banyak yang menceritakannya.

Kalau masih cukup waktu, kamu bisa juga datang ke acara wedding exibition atau pameran pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa bertemu langsung dengan pihak catering tersebut.

2. Kualitas pelayanan

Sebagai usaha bidang jasa, pihak catering juga mesti memberi pelayanan maksimal untuk calon konsumennya. Kita bisa mengetahui kualitas pelayanan saat berinteraksi langsung dengan mereka.

Misalnya bagaimana keramahan saat bertemu dengan kita, sikap dalam menjawab pertanyaan, serta sigap merespon apa yang kita minta.

Kalau merasa cocok dengan pelayanan yang diberikan, tentu saja kita merasa lebih nyaman untuk bekerjasama.

3. Menu yang ditawarkan

Sebagai jasa catering, menu menjadi jualan utama mereka. Biasanya tiap jasa catering punya menu andalan. Tapi di sisi lain jasa catering juga harus bisa menyesuaikan dengan menu yang diminta konsumen.

Misalnya kita minta menu yang mendukung konsep pesta pernikahan. Jasa catering yang baik memiliki kemampuan untuk melayani menu yang bermacam-macam, apakah menu tradisional, internasional, maupun oriental.

Tapi akan lebih klop lagi kalau konsep pernikahan kita sesuai dengan spesialisasi jasa catering tersebut.

4. Apakah jadi rekanan gedung?

Kalau kamu ingin menghemat biaya nikah, vendor catering sebaiknya jadi rekanan atau bekerjasama dengan gedung tempat pernikahan.

Kalau jasa catering ternyata rekanan gedung, setidaknya tidak dikenai biaya tempat. Sehingga membuatmu bisa membayar biaya gedung lebih murah.

Sebaliknya, kalau ternyata vendor catering tersebut bukan rekanan gedung, biasanya pengelola gedung akan menerapkan biaya gedung lebih mahal.

5. Minta testfood

Testfood menjadi penting karena menjadi cara untuk tahu kualitas dan rasa makanan. Kamu bisa melakukan testfood dengan dua cara.

Bisa datang langsung ke dapurnya atau dengan mendatangi ke acara resepsi yang menggunakan jasa catering tersebut.

Kalau ingin merasakan menu dengan lebih akurat, disarankan menggunakan cara kedua. Tapi tentu saja kita harus minta izin terlebih dahulu. Karena tidak semua jasa catering mengizinkan lho.

6. Jumlah order resepsi pada hari itu

Sudah umum kalau vendor catering menerima order lebih dari satu acara. Tapi sebaiknya hindari vendor catering yang memiliki order terlalu banyak pada hari pernikahan kamu.

Sehebat-hebatnya usaha catering pernikahan, mereka akan kerepotan kalau ordernya kebanyakan. Kamu pasti tidak ingin mendapat pelayanan kurang maksimal kan?

harga catering pernikahan

7. Perhatikan kebersihan dapur

Sebelum memutuskan, ada baiknya cek langsung ke dapur tempat mereka menyiapkan menu. Lalu perhatikan bagimana mereka bekerja.

Apakah mereka bisa bekerja cekatan sekaligus terjaga kebersihan dapur, alat masak, dan bahan makanannya. Kebersihan akan berpengaruh pada menu yang dikonsumsi tamu undangan.

Jangan sampai ada tamu yang sakit perut atau keracunan hanya karena menu yang kurang higienis. Wah bisa malu kan?

8. Perjanjian kerjasama yang jelas

Urusan catering ini jadi budget terbesar dalam pernikahan. Karena itu wajar kalau kamu menginginkan perjanjian yang jelas dengan vendor catering.

Hal ini berguna agar kita bisa mengambil tindakan kalau ternyata ada hal-hal yang melanggar dari yang mereka janjikan.

Perjanian ini juga menyangkut detail pembayarannya. Biasanya pembayaran dilakukan dalam beberapa tahap dan dilunasi saat resepsi pernikahan berakhir.

Jadi jangan percaya begitu saja kalau ada vendor catering yang minta pembayaran dalam sekali bayar.

Nah itu tadi 8 tips memilih jasa catering pernikahan yang akan melayani tamu selama pesta berlangsung. Bagi kamu yang ingin segera menikah, hendaknya segera menentukan jasas catering yang akan dipakai.

Idealnya sudah ada kepastian setidaknya tiga bulan sebelum hari-H. Dengan begitu kamu bisa lebih leluasa dalam memilih.

Kamu pasti tak ingin membeli kucing dalam karung kan? Terlalu berisiko kalau mencari vendor catering dalam waktu sangat mepet.

Bagaimanapun juga catering bakal jadi bagian terpenting dalam resepsi pernikahan, jadi jangan sampai salah pilih ya!

Harga catering pernikahan

Kalau kamu saat ini sedang memikirkan urusan catering, salah satu pertanyaan terbesar adalah mengenai berapa harga catering pernikahan di tahun 2020?

Karena jadi biaya terbesar, wajar saja kalau perencanaan pos catering ini mesti dipikirkan dengan cermat. Terlebih kalau yang diundang lumayan banyak, misalnya di atas 500 orang.

Jadi pastikan biaya catering masih masuk budget. Jangan sampai hutang sana-sini yang pada akhirnya membuatmu pusing tujuh keliling.

Nah ngomong-ngomong soal harga catering pernikahan, setidaknya ada dua jenis catering yang bisa dipilih. Yang pertama vendor catering yang mengurusi urusan penyediaan konsumsi aja.

Kalau kamu menggunakan vendor catering yang mengerjakan urusan makanan saja, mereka biasanya akan memberikan harga per porsi.

Misalnya di Jakarta ini ada yang menawarkan harga per porsinya mulai Rp 30.000. Dengan paket prasmanan yang cukup sederhana tersebut, kamu sudah mendapat fasilitas seperti meja, gelas, piring, sendok, pelayan, serta bebas biaya kirim.

Tapi harga per porsi di atas baru untuk menu buffetnya saja, belum termasuk menu stall.

Untuk porsi stall, harga per porsinya memang lebih murah. Tapi kita membutuhkan porsi stall yang jumlahnya jauh lebih banyak. Biasanya satu porsi buffet sebanding dengan empat atau lima porsi stall.

Dan harga per porsi berbeda-beda tergantung menu yang ditawarkan. Kalau yang disajikan menu makanan lokal, tentu lebih murah dibanding menu luar.

Selain itu, ada juga vendor catering yang menyediakan paket all in. Yaitu harga yang ditawarkan sudah termasuk dekorasi, MC, pengaturan acara, tata rias dan busana, dan dokumentasi.

Untungnya sekarang ini sebagian besar jasa catering akan menawarkan paket all alias sudah memiliki kemampuan menjadi wedding organizer.

Paket all in lebih praktis dan efisien dibanding yang pertama. Karena kamu tidak perlu menghitung kebutuhan budget satu per satu.

Dengan sekali bayar, kamu sudah mendapat hampir semua yang diperlukan dalam pesta pernikahan. Kamu bisa memilih paket all in berdasarkan jumlah tamu serta kualitas pelayanan.

Untuk harga paket all in di Jakarta sangat bervariasi. Ada yang menawarkan mulai Rp 40-juta hingga ratusan juta.

Sekilas kita memang mesti menyiapkan dana dalam jumlah besar. Tapi setelah itu kita bisa sedikit santai, karena sebagian besar sudah dikerjakan vendor.

Nah itu tadi sekilas indormasi mengenai tips memilih catering pernikahan serta kisaran biaya yang mesti disiapkan.

Kamu bisa konsultasikan ke vendor untuk mendapat paket yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Semoga lancar semuanya ya!