Catering Sehat – Memilih menu makanan bukan hanya soal rasa dan selera lidah. Kalau sekedar makanan enak saja, bisa dibilang Indonesia adalah gudangnya.

Karena ada banyak bahan makanan dan bumbu rempah yang sangat mudah didapat. Tapi yang lebih penting lagi, kita harus memperhatikan kandungan gizi yang ada dalam makanan.

Selain itu, penting juga untuk mengolah bahan menjadi makanan sehat tapi tetap menarik dan lezat saat dihidangkan.

Karena makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kemampuan berpikir, kesehatan, dan semua hal yang berhubungan dengan badan kita.

Apalagi buat kalian yang diharuskan beraktivitas fisik tiap hari, makanan sehat membuat kita memiliki badan yang kuat dan bebas beraktivitas.

Tapi kalau asupan yang masuk ke dalam tubuh tidak sehat, misalnya kadar gulanya tinggi. Tidak hanya berat badan yang melar, tapi tubuh kita jadi rentan berbagai penyakit.

Dan kalau udah terkena penyakit, biaya yang harus keluar akan lebih tinggi lagi. Masih bersyukur bagi yang punya asuransi kesehatan. Gimana kalau gak punya? Pasti lebih pusing lagi.

Nah bagitu juga bagi ayah bunda yang ingin putranya tumbuh dan berkembang dengan baik, wajib untuk memperhatikan menu makan di kecil.

Bagaimanapun juga, makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi masa depan anak. Kalau dari kecil sudah mendapat makanan kurang sehat, sangat sulit untuk tumbuh dengan maksimal.

catering sehat

Tapi bukannya masak makanan sehat itu agak ribet ya?

Bisa jadi iya. Tapi kalau tidak ingin direpotkan dengan urusan masak, kamu bisa menggunakan jasa catering yang akan membuatkan makanan sehat untuk keluarga.

Tips Memilih Catering Sehat

Solusi ini jelas sangat membantu bagi kamu yang disibukkan dengan pekerjaan dan tidak sempat masak. Tapi ingat, memilih catering tidak boleh sembarangan.

Nah kali ini kamu ingin berbagi tips memilih catering sehat yang akan menyajikan menu sehat dan berkualitas.

1. Hemat tapi tetap sehat

Harga sudah tentu menjadi salah satu pertimbangan utama. Tapi jangan sampai mengabaikan makanan sehat hanya karena ingin hemat.

Justru makanan sehatlah yang paling penting. Kalau sudah berlangganan, artinya kita akan mengkonsumsi makanan dari katering itu tiap hari.

Karena itu wajib bagi kita untuk memilih catering yang menyediakan menu makanan sehat. Menu sehat pasti memberikan dampak bagus untuk tubuh kita.

Untuk tahu makanan sehat atau tidak, kamu bisa melihat kadar gizi yang ada di dalamnya. Kalau ternyata tidak tercantum kadar gizinya, tidak ada salahnya menanyakan ke pihak catering sehat dan memastikan kadar gizi makanan tersebut sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Perhatikan kualitas menu

Menu berkualitas tidak bisa dibuat asal-asalan. Ada kaidah-kaidah tertentu agar bisa menciptakan makanan yang sesuai harapan.

Bagi orang yang berprinsip “ada harga ada rasa”, pasti akan memilih menu mahal. Biasanya menu berkualitas berasal dari bahan nomor satu berharga mahal.

Tapi jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan menu berkualitas pasti mahal. Karena sekarang udah ada catering yang menyediakan menu berkualitas dengan harga terjangkau dan bersahabat.

Jadi mulailah untuk teliti sebelum memesan menu. Dan jangan berpikiran yang penting kenyang. Pastikan makanan yang kita pesan berasal dari bahan premium bergizi tinggi.

3. Dari bahan yang masih segar

Makanan yang berasal dari bahan masih segar tidak hanya enak dipandang, tapi juga lebih enak dan dipastikan kualitasnya lebih baik.

Otomatis mengkonsumsi makanan berbahan segara membuat badan kamu lebih sehat. Selain itu, makanan tersebut lebih tahan lama.

Lalu bagaimana kita tahu bahan makanan masih segar?

Kalau memungkinkan, kamu bisa datang langsung ke dapurnya dan melihat sendiri kesegaran sayur, ikan, ayam, dan bahan lainnya.

Kalau sayuran, pasti akan terlihat dari daunnya yang hijau segar, tidak layu, mulus, serta tidak ada bagian yang berubah warna atau ternoda.

Kalau ikan segar bisa dilihat dari matanya yang nampak cerah, bening, tanpa cacat, dan cenderung keluar atau menonjol. Sementara mata ikan busuk cenderung cekung, pudar, berkerut, serta matanya tenggelam ke dalam.

Tapi kalau kamu tidak sempat menengok ke dapur catering, kesegaran bahan bisa diketahui juga dari makanan jadinya.

Kalau makanan tersebut tidak cepat basi, sayurannya hijau cerah, atau dagingnya tidak lembek, bisa dipastikan kalau masakan tersebut bahannya masih segar.

4. Sesuaikan dengan selera dan rasa di lidah

Menu sehat adalah makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi dan dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh.

Tapi ada kalanya kita merasa menu sehat saja tidak cukup, tapi harus disajikan dengan rasa yang sesuai selera. Apa gunanya menu sehat kalau lidah kita tidak mau memakannya?

Karena itu penting juga memilih catering yang bisa menyajikan makanan sehat sekaligus nyaman di lidah.

Agar tahu menunya sesuai dengan selera atau tidak, jangan ragu untuk menanyakan apa saja menu yang tersedia di hari ini atau minggu ini.

Selain itu, pilih juga catering yang menawarkan menu bervariasi. Kalau kamu mendapat menu sama selama beberapa hari, bisa dipastikan cepat bosan dan menurunkan selera makan.

catering sehat

5. Perhatikan kebutuhan tubuh

Sekarang ini ada banyak jasa katering yang menawarkan berbagai menu menarik dengan harga kompetitif. Tapi jangan hanya tergiur dengan menu saja, tapi kita juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Misalnya menu bagi yang sedang menurunkan berat pasti berbeda dengan yang ingin menaikkan berat badan. Begitu juga menu untuk pekerja kantoran, lapangan, anak-anak, dll.

Nah ada baiknya untuk mencari catering sehat yang bisa menyediakan menu sesuai dengan jadwal makan dan cocok dengan aktivitas kita.

6. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Ada pepatah pelanggan adalah raja. Jadi kamu punya hak untuk menanyakan semua hal tentang makanan catering tersebut.

Mulai dari bahan yang digunakan, jumlah pelanggan, makanan bisa bertahan berapa hari, hingga cara menyimpan makanan agar teta awet.

Catering yang baik pasti akan menjawab berbagai pertanyaan tersebut dengan senang hati. Karena dia yakin dengan kualitas makanannya dan tidak ada yang perlu disembunyikan.

Bagi usaha jasa catering, komunikasi juga penting untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

7. Perhatikan testimoni orang lain

Informasi dari mulut ke mulut atau dalam bahasa Jawa “Gethok Tular” ternyata masih menjadi kekuatan marketing paling ampuh lho.

Testimoni dari teman dekat, saudara, atau orang yang dipercaya bisa meyakinkan orang untuk menggunakan jasa tersebut. Karena kita memang lebih percaya dengan produk atau jasa yang sudah terbukti memuaskan.

Nah cara ini juga bisa digunakan dalam memilih catering sehat. Karena itu tidak ada salahnya kamu meminta saran ke teman mengenai catering mana yang sehat, bagus, dan bisa dipercaya?

Dari pengalaman dan cerita teman itulah kamu bisa menilai kelebihan, kekurangan, serta cocok tidaknya dengan yang diinginkan.

Nah itu tadi 7 tips memilih catering sehat. Tidak sulit kan? Selektiflah dalam menentukan catering pilihan, karena menu yang ditawarkan akan jadi hidanganmu sehari-hari. Yuk awali pola hidup sehat dengan memilih catering yang paling sehat.