nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Karisma Premium SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Jamur Cabe Garam, Pepes Tahu Teri, Sambal Bajak, Tumis Jagung Muda)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng harga Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Apapun Kebutuhan Katering Anda Disini!


WA catering


Biaya Catering Pernikahan – Kalau dilihat dari esensi nikah, sebenarnya sudah cukup dengan meresmikan ikatan suci. Yaitu dengan mengucap janji di depan wali dan dua orang saksi.

Tapi sudah umum di masyarakat kita untuk mengadakan resepsi atau pesta pernikahan. Dan ini wajar saja, karena semua kita pasti ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Resepsi juga jadi ajang “pengumuman” ke khalayak bahwa seseorang sudah memiliki pasangan yang sah. Bayangkan apa jadinya kalau ada yang nikah tanpa resepsi?

Kalau tidak ada tetangga yang diberi tahu kalau seseorang sudah nikah. Jangan salahkan mereka kalau muncul gunjingan macam-macam.

Nah untuk menghindari hal-hal semacam itu, wajar saja kalau kita mengundang kerabat, tetangga, teman, dan relasi untuk datang ke acara resepsi.

Bahkan untuk memberi kesan tak terlupakan, tak jarang ada resepsi yang diadakan besar-besaran dan menghabiskan dana ratusan juta.

Tapi urusan mahal dan murah sebenarnya relatif dan kembali ke kondisi masing-masing. Tidak masalah juga bagi yang punya uang berlebih untuk mengadakan pesta mewah.

Nah kalau kamu termasuk yang budgetnya terbatas, tentu saja harus berpikir keras agar resepsi bisa berkesan tapi tetap masuk budget.

Tips menghemat biaya catering pernikahan

Diantara kebutuhan pesta pernikahan, ada satu yang paling penting dan menyedot anggaran terbesar, yaitu konsumsi tamu.

Konsumsi jadi paling penting karena justru bagian inilah yang ditunggu-tunggu tamu. Semewah apapun gedung, interior, dekorasi, ataupun gaun pengantin, akan jadi omongan kalau menu yang disajikan mengecewakan.

Konsumsi juga jadi anggaran terbesar. Sehingga kalau bisa meminimalkan biaya catering, otomatis biaya keseluruhan jadi minimalis pula.

Nah untuk kamu yang ingin menghemat biaya catering pernikahan Jakarta, yuk simak tips berikut ini.

1. Jeli dan teliti menghitung porsi makanan

biaya catering pernikahan

Untuk calon pengantin yang ingin hemat biaya konsumsi, hal pertama yang harus dilakukan adalah jeli, teliti, cermat, dan hati-hati dalam menghitung jumlah porsi.

Karena estimasi jumlah porsi sangat menentukan anggaran yang mesti disiapkan. Untuk perhitungan standar, biasanya orang menggunakan rumus jumlah tamu undangan kali dua.

Kalau undangan yang dikirim berjumlah 500, jumlah porsi yang harus disiapkan adalah 500 undangan kali 2 = 1000 porsi.

Tapi ingat, sangat jarang terjadi semua tamu undangan datang bersama suami atau istrinya. Karena ada aja yang memiliki acara lainnya sehingga tidak bisa datang berdua.

Atau mungkin ada banyak tamu undangan yang masih jomblo. Karena itu, masih sangat aman kok kalau jumlah tadi dikurangi 10 persen.

Sehingga dari estimasi 1000 porsi tadi bisa dikurangi 100, cukup menyiapkan 900 porsi aja. Lumayan menghemat kan?

2. Kurangi tamu undangan yang kurang penting

Di hari bersejarah seperti penikahan, semua mempelai pasti ingin mengundang sebanyak mungkin tamu undangan. Hari itu adalah hari bahagia, jadi wajar kalau ingin membagi kebahagiaan ke semua orang.

Tapi apa hendak dikata kalau budget yang dimiliki terbatas. Melihat kondisi seperti ini, alangkah lebih bijak kalau tidak perlu memaksakan diri mengundang teman yang tidak terlalu dikenal.

Jadi mulai sekarang bisa dilist nama-nama yang harus diundang. Misalnya hanya kerabat, saudara, dan sahabat yang benar-benar dekat saja.

Dibanding dihadiri banyak tamu, mengundang orang-orang dekat justru membuat acara resepsi pernikahan tampak eksklusif, sakral, dan lebih mendekatkan keluarga kedua mempelai. Disamping itu, strategi ini jelas mengurangi budget konsumsi.

3. Sesuaikan pilihan menu dengan budget

Pilihan menu sangat menentukan biaya catering pernikahan. Kalau kamu bisa memilih menu dengan tepat, tidak perlu khawatir dengan budget yang terbatas.

Jumlah nasi sebaiknya tidak perlu terlalu banyak. Tamu biasanya lebih penasaran dengan menu stall atau yang ada di gubukan. Lagian kalau nasi terlalu banyak dan tidak habis, ujung-ujungnya malah jadi mubazir.

Untuk minuman, ada baiknya juga untuk mengurangi konsumsi soft drink atau minuman bersoda. Imbangi dengan air putih.

Dari sisi kesehatan saja kita semua sudah tahu kalau soft drink tidak bagus untuk tubuh. Selain itu, menggunakan air putih jelas lebih irit. Jadi kalau ada yang lebih sehat dan hemat, kenapa harus menyediakan yang mahal?

Sekali lagi, bukan bermaksud meniadakan soft drink sama sekali, tapi porsinya aja yang dikurangi.

Begitu juga untuk menu buffet atau prasmanan, budget bisa dikurangi dengan menyajikan ayam atau ikan, alih-alih daging filet.

Sedangkan untuk menu stall, ada banyak pilihan menu kudapan yang murah. Misalnya soto, bakso, siomay, capcay, sate, dll. Selain murah, menu tradisional tadi hampir bisa dipastikan disukai tamu undangan.

Ingat menu mahal tidak selalu lebih enak lho. Karena rasa ditentukan cara mengolahnya juga. Karena itu memilih jasa catering jangan seperti membeli kucing dalam karung.

Pastikan bahwa masakan yang disajikan pas di lidah orang Indonesia. Jangan ragu untuk minta testfood dulu sebelum menentukan pilihan.

4. Kurangi variasi menu

Sudah bukan rahasia lagi kalau acara pernikahan sering dijadikan ajang mencoba berbagai menu makanan. Kapan lagi bisa menikmati makanan tanpa batas secara gratis?

Kalau memaksakan diri dengan menu yang sangat bervariasi, dikhawatirkan banyak tamu undangan yang khilaf ingin mencoba semua menu.

Bagi yang dananya tak terbatas, mungkin mereka sudah menyediakan menu bervariasi dan jumlahnyapun sangat banyak. Tapi kalau budget cekak, biasanya jumlah tiap porsi tiap menunya sangat terbatas.

Nah daripada kurang, perlu dipertimbangkan juga untuk mengurangi variasi menu tapi kuantitas tiap menunya ditambah. Hal ini agar semua tamu bisa mencicipi seluruh hidangan yang tersedia.

Asal kualitas masakan bagus dan rasanya lezat, empat atau lima menu sudah sangat cukup untuk memuaskan tamu undangan.

5. Pilih piring atau prasmanan?

Kebanyakan pesta pernikahan zaman now menggunakan model prasmanan dalam penyajian makanan. Yaitu meletakkan makanan di atas meja dan tamu undangan bisa bebas mengambil makanan yang tersedia.

biaya catering pernikahan

Prasmanan jelas lebih praktis dan disukai tamu. Tapi kalau prasmanan masih terlalu berat juga, kamu bisa menggunakan model piring terbang.

Cara ini juga sangat populer di masa lalu. Bahkan sekarang juga masih banyak dipakai, terutama di sekitar Jogja Solo.

Dengan piring terbang, kamu bisa berhitung dengan lebih akurat. Budgetpun bisa dikurangi lagi dengan lebih tajam.

Karena tiap tamu hanya disediakan satu porsi yang menunya sudah ditentukan. Kalaupun ingin nambah, mereka harus bilang dulu ke pelayan.

Walau lebih hemat, cara piring terbang juga tidak kalah lezat lho. Asalkan jasa catering mampu mengolah dan menyajikan dengan benar.

Menu piring terbangpun cukup komplet. Misalnya ada sop, ayam goreng, daging, es buah, sayur-sayuran, hingga hidangan pencuci mulut.

Cara menghitung biaya catering pernikahan

Untuk kamu yang segera menyambut hari bahagia, sudah pasti ingin semuanya lancar. Termasuk juga dalam memberi jamuan makan.

Kalaupun tidak bisa memberi menu yang wah, setidaknya jangan ada tamu yang tidak kebagian. Karena itu wajib untuk melakukan perhitungan biaya catering seakurat mungkin.

Kalau ingin membuat estimasi, sudah pasti kita harus melihat jumlah tamu yang diundang. Kalau yang diundang sekedar keluarga dan teman mempelai, mungkin tidak terlalu banyak.

Tapi seringkali terjadi dimana jumlah tamu jadi membengkak karena banyak relasi orang tua yang diundang. Semakin banyak yang diundang, otomatis biaya catering makin besar pula.

Nah agar terbanyang cara menghitung biaya catering, langsung aja kita lihat ilustrasi di bawah ini.

Total undangan yang dikirim: 500
Perkiraan jumlah tamu maksimal: 500 x 2 = 1000

Agar lebih hemat, diperkirakan ada yang tidak bisa hadir. Kira-kira 10% dari estimasi jumlah tamu maksimal.

Perkiraan yang tidak hadir: 10% x 1000 = 100
Perkiraan tamu yang hadir: 1000 – 100 = 900

Dengan asumsi perbandingan buffet dan stall 60:40, maka

Jumlah porsi buffet: 60% x 900 = 540 porsi
Jumlah porsi stall: 40% x 900 = 360 porsi

Dengan asumsi 1 porsi buffet sebanding dengan 4 porsi stall

Total porsi stall yang dibutuhkan: 360 x 4 = 1440 porsi menu stall

biaya catering pernikahan

Jadi dengan jumlah undangan 500 lembar, kita bisa menyiapkan menu buffet sebanyak 540 porsi dan stall sebanyak 1440 porsi.

Setelah menentukan jumlah porsi total, sekarang kita bisa menghitung biaya catering. Katakanlah 1 porsi buffet Rp 25.000 dan 1 porsi stall Rp 10.000.

Total biaya menu buffet: Rp 25.000 x 540 porsi = Rp. 13.500.000
Total biaya menu stall: Rp 10.000 x 1440 porsi = Rp. 14.400.000

Perkiraan total biaya catering = Rp. 27.900.000

Nah sekarang kamu sudah tahu kan cara menghemat biaya catering serta perhitungan biayanya. Ini penting lho, karena memudahkanmu untuk mengetahui dengan lebih akurat berapa sebenarnya biaya untuk hidangan tamu.

Daftar pengeluaran biaya nikah

Meski sebagian besar biaya masuk ke catering, tapi jangan senang dulu. Karena masih ada pos-pos anggaran lain yang mesti dipenuhi. Ingin tahu apa aja?

1. Sewa gedung

Pengantin yang terlahir sebagai generasi milenial biasanya lebih suka mengadakan resepsi di sebuah gedung.

Untuk dapat gedung yang pas dengan budget, sebaiknya booking jauh-jauh hari atau setidaknya 6 bulan sebelumnya.

Dan harga sewa gedung tergantung lokasi, kapasitas, serta waktu resepsi. Harga sewa gedung perkantoran atau hotel jelas beda dengan ruang serbaguna di kantor kelurahan atau masjid.

Udah tahu sendiri kan mana yang lebih murah?

Tapi kalau ingin menghindari sewa gedung, resepsi bisa diadakan di kediaman pengantin perempuan. Meski tidak semahal sewa gedung, tetap saja kamu mesti menghitung biaya sewa tenda.

2. Gaun pengantin dan make up

Di hari bersejarah ini, semua pengantin pasti ingin terlihat bak raja dan ratu sehari. Karena itu memilih sewa baju pengantin dan jasa rias gak bisa dianggap enteng.

Biaya ini juga bisa membengkak karena harus mempertimbangkan juga seragam dan rias keluarga yang mengiringi.

Nah untuk menemukan yang cocok, sebaiknya kamu sudah cari-cari informasi mulai sekarang. Jangan sampai penampilan kita jadi omongan hanya karena penampilan yang kurang nyetel.

3. Undangan

Walau jaman sudah serba digital, tapi undangan serasa kurang afdhol kalau tidak dikirim dalam versi cetak. Karena itu kita tidak boleh melupakan anggaran undangan nikah.

Biaya undangan sederhana berkisar Rp 5000. Jadi kalau ada 500 tamu undangan, kita perlu menganggarkan Rp 5000 x 500 = Rp 2,5 Juta.

4. Souvenir

Untuk souvenir tamu sebenarnya gak wajib. Tapi souvenir bisa membuat orang tidak lupa dengan momen pernikahan kita.

Nah agar ngirit, caranya dengan mencari langsung ke pengrajin. Dan gak mesti datang ke lokasi. Karena kamu bisa cari pengrajin souvenir di internet, lalu pilih yang jenis souvenir dan harganya pas dengan keinginan

5. Biaya lain-lain

Selain beberapa biaya di atas, kamu juga perlu menyiapkan beberapa pos anggaran seperti dekorasi, dokumentasi, mas kawin, seserahan, hingga biaya akad nikah di KUA.

Demikian tadi estimasi biaya catering pernikahan serta tips menghemat biaya lainnya. Resepsi pernikahan bisa memerlukan biaya tak sedikit.

Karena itu kamu perlu melibatkan dua keluarga dalam penyelenggaraannya. Termasuk soal biaya, konsep acara, tanggal pernikahan, dll.

Nah bagi yang tidak ada halangan lagi, tidak ada gunanya menunda-nunda pernikahan. Begitu sudah sah, saatnya untuk mewujudkan impian berumah tangga. Jadi, jangan ragu untuk nikah ya! Simak terus artikel tentang catering dan pernikahan hanya di lyfwell!





nasi box karisma by sofistika
nasi box karisma by sofistika

Nasi Karisma Premium SPESIAL
(Ayam Goreng Lengkuas, Jamur Cabe Garam, Pepes Tahu Teri, Sambal Bajak, Tumis Jagung Muda)
+ GRATIS Buah

Nasi Tumpeng harga Mulai Rp 750 Ribu per Nampan

Konsultasikan Apapun Kebutuhan Katering Anda Disini!


WA catering